Ironis, Ribuan Armature Lampu PJU Pemkab Bekasi Berserakan di Halaman Rumah Warga

By Reaksi Nasional 27 Jul 2020, 16:00:05 WIBReaksi Bekasi

Ironis, Ribuan Armature Lampu PJU Pemkab Bekasi Berserakan di Halaman Rumah Warga

Keterangan Gambar : Rumah tempat armatur PJU yang di kontrak, tampak komponen PJU berserakan di halaman belakang.


Oleh Charles Panjaitan
REAKSI CIKARANG
- Miris, itu mungkin kata yang bisa diungkapkan saat melihat ribuan Armature lampu Penerangan Jalan Umum (PJU) milik Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bekasi yang berserakan di halaman rumah warga RT 01 RW 013.

Padahal, aset yang merupakan milik Pemkab Bekasi itu dibeli dari uang pajak masyarakat Kabupaten Bekasi. Namun  tumpukan armature lampu PJU tersebut ditemukan teronggok di halaman dan didalam garasi rumah milik warga Desa Cicau Kecamatan Cikarang Pusat.

Dari hasil penelusuran, pada Sabtu (25/7/2020), keberadaan ribuan armature lampu PJU yang bertumpuk di halaman dan di garasi warga RT 01 RW 013 Desa Cicau mengundang perhatian dan tanda tanya sejumlah pihak, termaksud para Stakeholder selaku pemerhati penyelenggara Pemerintah Daerah.

Warga yang tinggal di RT 01 RW 013, persis disamping rumah tempat tumpukan armature lampu PJU yang enggan namanya disebut saat disambangi mengatakan, bahwa armature lampu PJU itu sudah lama ditumpuk ditempat tersebut. Dan tidak pernah diurusin.

"Armature itu sudah lama tertumpuk di halaman itu. Kalo mau jelas, coba ditanyakan kepemilik rumah," ujarnya warga yang minta namanya di rahasiakan.

Sementara pemilik rumah, Haji Ita mengatakan, rumahnya yang menjadi tempat tumpukan armature lampu PJU tersebut, karena adanya permintaan yang diajukan melalui anaknya yang merupakan pegawai THL di Dinas Disperkimtan Kabupaten Bekasi.

Pegawai THL berinisial Ik saat dikonfirmasi tim Reaksi, Sabtu (25/7/2020) di rumahnya mengatakan, bahwa rumah milik orangtuanya tersebut merupakan tempat armature lampu PJU. Dan rumah itu di kontrak pihak Bidang PJU dan Pertamanan Disperkimtan Kab Bekasi.

 

"Saya anaknya pak Haji Ita, dan tinggal dekat rumah tempat armature lampu PJU itu. Rumah itu sudah dikontrak Kepala Seksi Penerangan Jalan Umum buat tempat armature lampu PJU,” katanya.

Namun saat ditanyakan bukti tertulis perjanjian kontrak rumah tempat barang aset milik Pemkab Bekasi tersebut, tidak bisa menunjukkannya.

Dikatakan pegawai THL itu, bahwa rumah orang tuanya telah dikontrak oleh Kepala Seksi Penerangan Jalan Umum pada Dinas Perumahan Rakyat Kawasan Permukiman dan Pertanahan Kabupaten Bekasi pada bulan Agustus 2019. Rumah itu dikontrak seharga Rp60 juta satu tahun dan pada Agustus 2020 habis kontraknya.

Namun, tambahnya, Perjanjian kontrak dalam satu tahun itu dibuat secara lisan dengan orangtuanya. Begitu juga jaminan pertanggungjawaban keamanan armature lampu PJU selaku aset Pemkab Bekasi tidak dibuatkan .

"Rumah orangtua saya di kontrak Kasi PJU sebesar Rp60.000.000 selama satu tahun untuk tempat ribuan armature lampu PJU," ungkapnya.

Dikatakannya, PJU dari kegiatan revitalisasi jalan Negara Kabupaten Bekasi tahun 2019 disimpan di rumah yang dikontrak. Namun tiang PJU-nya disimpan di Workshop Bina Marga Tambun Selatan. Jadi rumah orangtua hanya buat tempat armare lampu PJU  karena armature itu masih banyak yang bagus dan masih menyala.
Menurut dia, sebelumnya tempat gudang ribuan armature lampu PJU di kontrak di Desa Pasirtanjung, Kec Cikarang Timur. Karena kontraknya sudah habis, sehingga bulan Agustus 2019 rumah orang tuanya  yang dikontrak. Kebetulan pada Agustus 2019, saat itu rumah kontrakan tersebut lagi kosong.

"Rumah orangtuanya di kontrak pada Agustus 2019, sementara tahun sebelumnya di Pasir Tanjung," bebernya.

Sementara stakeholder dan pemerhati penyelenggara Pemerintah Daerah menyatakan, anggaran biaya kontrak tempat armature lampu PJU sebesar Rp60 juta yang dibiayai dari dana Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) Kabupaten Bekasi diniai menghamburkan uang masyarakat, sebab gudang tempat tiang PJU yang berada di Workshop Tambun Selatan milik Pemda Bekasi masih layak ditempati. (R1)

 



Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment

IKLAN (ADVERTISEMENT)

Temukan juga kami di

Ikuti kami di facebook dan twitter serta dapatkan informasi terbaru dari kami disana.

Jejak Pendapat



Komentar Terakhir

  • game online

    terimakasi infonya sukses selalu lin https://warta.fish-games.org/ ...

    View Article
  • MaryClink

    [url=https://antabused.com/]antabuse[/url] [url=https://prazosin24.com/]prazosin capsules ...

    View Article
  • RobertoNum

    Thanks, A lot of material! pharmeasy <a ...

    View Article
  • harga kursus seo

    terimakasi infonya sukses selalu ais https://jldacademy.id https://jldacademy.id/kursus-seo/ ...

    View Article