Hindari Konflik, Serikat Pekerja di Perusahaan Cukup 1

By Reaksi Nasional 06 Feb 2018, 18:25:59 WIBNasional

Hindari Konflik, Serikat Pekerja di Perusahaan Cukup 1

Keterangan Gambar : Hanif Dhakiri


Oleh Friendly Sianipar

RENAS JAKARTA -  Meski di setiap perusahaan diperbolehkan mendirikan lebih dari satu serikat pekerja/serikat buruh (SP/SB), namun untuk meminimalisir konflik antar pekerja, serikat pekerja itu hendaknya cukup satu.

“Pada dasarnya membentuk SP/SB, adalah hak pekerja. Tetapi jika SP/SB lebih dari satu, maka potensi timbulnya bentrokan antar serikat pekerja di perusahaan bisa terjadi dan akibatnya perusahaan jadi tidak kondusif,” kata Menaker Hanif Dhakiri ketika menghadiri Penandatanganan Perjanjian Kerja Bersama (PKB) Tahun 2018 antara PT Bank Negara Indonesia (BNI) dengan Serikat Pekerja PT Bank Negara Indonesia di Jakarta, Selasa (6/2/2018).

Data Kemnaker pada 2015 menunjukkan, jumlah perusahaan yang mendaftarkan PKB adalah 13.210 perusahaan. Kemudian jumah itu meningkat pada 2016, menjadi 13.371 perusahaan dan pada 2017 kembali naik, menjadi 13.624 perusahaan.

Hanif mengatakan, meski pemerintah mendorong pendirian serikat pekerja, tetapi bukan berarti harus lebih dari satu. Yang paling penting, katanya, kehadiran SP/SB bisa mengakomodir kepentingan semua pekerja dan pengusaha.

Dia mencontohkan, jika ada empat serikat pekerja dalam satu perusahaan yang dimediasi, tetapi ada satu serikat pekerja yang tidak setuju, maka hal itu akan bermasalah. Permasalahan ini, juga akan menyulitkan perusahaan dan pekerja untuk membuat Perjanjian Kerja Bersama (PKB).

"Jadi jangan jadikan demokrasi sebagai alasan kegagalan. Setiap perusahaan harus memiliki SP/SB dan membangun PKB yang disepakati pekerja dan pengusaha. Karena hal itu merupakan momentum penting untuk membangun hubungan industrial yang kondusif," kata Hanif.

Ia menyebutkan, saat paling bagus membangun serikat pekerja adalah ketika sedang tidak terjadi konflik dan masalah di perusahaan. Sebaliknya, sangat tidak bagus serikat pekerja yang muncul pada saat konflik.

Jadi, kata Hanif menyarankan, ketika perusahaan tidak ada masalah maka inisiasi membentuk SP/SB adalah waktu yang tepat, sehingga dapat mengakomodir kepentingan pekerja dan pengusaha.

Dengan perkembangan teknologi saat ini, Hanif mengimbau, perusahaan menyiapkan skema transformasi untuk menghadapi antisipasi perubahan industri, sehingga perusahaan tetap mempekerjakan pekerja sesuai perubahan teknologi. Kalangan SP/SB juga tidak perlu terlalu khawatir dengan perubahan teknologi itu.

"Saya mengajak serikat pekerja untuk tidak terlalu khawatir dengan perubahan teknologi. Komunikasi antara manajemen dengan serikat pekerja bisa jadi sangat penting untuk merespon perubahan tersebut dan mencari solusi bersama," ujarnya.

Senada dengan Hanif, Dirut BNI Achmad Baiquni yang hadir saat penandatanganan PKB itu mengatakan, antara pimpinan dan pekerja bisa bersama-sama meningkatkan produktivitas dengan cara memaksimalkan keselarasan antara pekerja dengan strategi perusahaan, salah satu caranya adalah melakukan dialog antara manajemen dengan pekerja secara periodik

"BNI sudah melakukan transformasi digital banking. Yang paling penting adalah human capital transformation, sehingga para pekerja siap menghadapi perubahan teknologi. Tuntutan persaingan semakin luas dan persaingan itu tidak hanya dari industri perbankan, tapi juga dari luar," ucap Baiquni.

Ketua Umum SP BNI Irfan Verdiansyah menjelaskan, SP BNI sudah membentuk tim pemantau PKB yang mewakili representasi dari wilayah Timur, Tengah, dan Barat sehingga semua aspirasi pekerja bisa terakomodir. "Dengan perwakilan dari setiap wilayah saya harapkan semua aspirasi pekerja bisa diakomodir. Sehingga, informasi bisa sampai ke semua pihak yang terkait, baik manajemen maupun pekerja," ujarnya. ***



Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment

IKLAN (ADVERTISEMENT)

Temukan juga kami di

Ikuti kami di facebook dan twitter serta dapatkan informasi terbaru dari kami disana.

Jejak Pendapat



Komentar Terakhir

  • uguhozamevo

    http://theprettyguineapig.com/amoxicillin/ - Amoxicillin <a ...

    View Article
  • eyusoxax

    http://theprettyguineapig.com/amoxicillin/ - Amoxicillin Online <a ...

    View Article
  • buy fake degree

    Wonderful website. A lot of helpful info here. I am sending it to a few pals ans ...

    View Article
  • camo polar fleece fabric

    Thanks for every other informative site. Where else could I get that type of info ...

    View Article