Edy Rahmayadi-Musa Rajekshah Menangkan Pilkadasu

By Reaksi Nasional 09 Jul 2018, 13:58:15 WIBNusantara

Edy Rahmayadi-Musa Rajekshah Menangkan Pilkadasu

Keterangan Gambar :


Oleh Harry Silaen

REAKSI MEDAN - Rapat pleno terbuka rekapitulasi hasil penghitungan suara tingkat provinsi dalam pemilihan gubernur dan wakil gubernur (wagub) Sumatera Utara (Sumut) 2018 berlangsung Minggu, (8/7/2018) mulai pukul: 09:00 pagi hingga berakhir pada pukul: 24:30 dini hari di Hotel Le Polonia Medan.

Sejak pagi, 33 KPU kabupaten/kota di Sumut  menyampaikan rekapitulasi hasil pemilihan. Perwakilan saksi pasangan calon (paslon) gubernur dan wagub Sumut nomor urut 2 Djarot Saiful Hidayat-Sihar Sitorus (Djoss) Dame Tobing dihadapan Forum menyampaikan keberatannya terkait perbedaan data jumlah surat suara yang dicetak KPU Provinsi Sumut dengan yang diterima KPU kabupaten/kota.

Dame Tobing menyampaikan, yang sesuai itu hanya Tapanuli Selatan dan lain ada yang kurang dan ada yang lebih, dan menjabarkan perbedaan yang mencolok di beberapa kabupaten/kota, seperti Kota Medan ada kelebihan 711 surat suara, Langkat 476 surat suara, dan Asahan sebanyak 244 surat suara.

Selain surat suara, Tim Djoss mempersoalkan Daftar Pemilihan Tetap (DPT) yang tidak sesuai dengan yang ditetapkan KPU Provinsi Sumut. Temuan tersebut, di Kabupaten Pakpak Bharat dan Nias Utara.

Selain itu, Dame Tobing juga menyoalkan banyak C6 yang tidak didistribusikan. Catatan mereka menunjukkan, dari jumlah DPT yang mencapaikan sembilan juta, ada sekitar 810 ribu yang tidak mendapatkan C6.

“Menjadi pertanyaan kami berapa banyak C6 yang dikembalikan ke KPU karena tidak didistribusikan. Akibat tidak memiliki C6, sehingga banyak masyarakat enggan untuk menyampaikan hak pilihnya ke TPS,” ujar Dame Tobing.

Ia menambahkan, kinerja KPPS di lapangan dalam bekerja juga belum maksimal, sehingga belum mumpuni dalam menjalankan tugasnya, dan terbukti banyak temuan TPS yang tutup sebelum jadwal, dan pemilihan tambahan memilih diluar jadwal yang sudah ditentukan, dan bagi saksi tidak diberikan salinan DPT, dan tidak ditempelkannya dipapan pengumuman.

Hasil rekapitulasi penghitungan suara tingkat provinsi oleh KPU Sumut dalam jumlah data pemilihan dan penggunaan hak pilih Edy Rahmayadi-Musa Rajekshah memiliki  3.291.137 suara, dan Djarot Saiful Hidayat memiliki 2.424.960 suara. Sementara suara sah 5.716.097 suara, dan suara tidak sah, 90.770. Jumlah suara sah dan tidak sah 5.806.867 suara. (R2)



Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment

IKLAN (ADVERTISEMENT)

Temukan juga kami di

Ikuti kami di facebook dan twitter serta dapatkan informasi terbaru dari kami disana.

Jejak Pendapat



Komentar Terakhir

  • Flow Meter Tokico Jakarta

    Hello there, You’ve done a great job. I’ll definitely digg it and personally ...

    View Article
  • Open Trip Pulau Seribu

    Hey, you used to write great, but the last few posts have been kinda boring¡K I ...

    View Article
  • Distributor pipa HDPE

    Wow, superb blog layout! How long have you been blogging for? you made blogging look ...

    View Article
  • jakarta sewa mobil

    tidak hanya supir truk juga, terkadang pengendara lain seperti mobil atau motor juga ...

    View Article