Disperkimtan: 2000 Rutilahu Butuh Dana Rp36 miliar

By Reaksi Nasional 09 Apr 2018, 14:00:18 WIBReaksi Bekasi

Disperkimtan: 2000 Rutilahu Butuh Dana Rp36 miliar

Keterangan Gambar : Ilustrasi


Oleh Yanso Sitorus

REAKSI BEKASI - Kepala Dinas Perumahan Rakyat Kawasan Permukiman dan Pertanahan Kota Bekasi Dadang Ginanjar Kartasasmita mengatakan, hingga saat ini masih terdapat sekitar 2000 rumah tidak layak huni tersebar di 56 kelurahan se-Kota Bekasi.

Jika satu rumah, Pemkot Bekasi membutuhkan dana sekitar 18 juta, maka untuk menyelesaikan Program Rutilahu (rumah tidak layak huni) dibutuhkan dana sekitar Rp36 miliar.

“Pada tahun 2016 terdapat 3.066  rumah tidak layak huni di 12 kecamatan berdasarkan data verifikasi dari masing-masing RT dan RW tahun 2016 dan 2017, Pemkot Bekasi sudah menyelesaikan 1.300 pembangunan rutilahu yang dibangun dari dana dari APBD dan bantuan Pemprov Jabar.

“Pada tahun 2018 pembangunan rutilahu sekitar 1000 unit yang dibangun dari bantuan dana pusat dan provinsi. Sementara dari APBD dibangun sekitar 96 unit, sehingga angka rutilahu sangat mungkin berubah karena berbagai indikator,” ungkap Kepala Disperkimtan Kota Bekasi Dadang Ginanjar, Jumat (6/4/2018).

Sementara data terakhir, menurut Dadang, ada sekitar 2.000 unit rutilahu yang sesuai rencana pembangunan menengah daerah (RJPMD) akan diselesaikan hingga 2020 mendatang.

Pihaknya berharap adanya bantuan Provinsi Jabar dan juga pusat untuk menyukseskan program tersebut. Namun mengingat keterbatasan dana APBD Pemerintah Kota Bekasi, sehingga perlu adanya kerja sama dengan berbagai pihak untuk mengatasi banyaknya warga masyarakat yang masih tingga di rutilahu.

“Kalau sesuai RJPMD 2020, rutilahu akan selesai di Kota Bekasi, tapi Pemkot Bekasi juga butuh bantuan dari pusat dan provinsi mengingat rata rata perenovasian rutilahu memakan biaya sekitar Rp18 juta, meskipun demikian data ini masih bisa diubah jika indikator rutilahu juga berubah,” tutur Dadang Ginajar.

Sebelumnya, Camat Bekasi Utara Lukman Hakim mengungkapkan, ada sekitar 100 rutilahu yang hingga saat ini masih ditempati warga masyarakat dan sangat membutuhkan dana bantuan pembangunan rutilahu Pemkot Bekasi.

Program pembangunan atau renovasi rutilahu saat ini sedang dilakukan untuk lima rumah di RW 6, Kelurahan Kaliabang Tengah, Bekasi Utara dalam program TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke 101 tahun 2018, Kodim 0507 Bekasi. (R2)



Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment

IKLAN (ADVERTISEMENT)

Temukan juga kami di

Ikuti kami di facebook dan twitter serta dapatkan informasi terbaru dari kami disana.

Jejak Pendapat



Komentar Terakhir

  • Flow Meter Tokico Jakarta

    Hello there, You’ve done a great job. I’ll definitely digg it and personally ...

    View Article
  • Open Trip Pulau Seribu

    Hey, you used to write great, but the last few posts have been kinda boring¡K I ...

    View Article
  • Distributor pipa HDPE

    Wow, superb blog layout! How long have you been blogging for? you made blogging look ...

    View Article
  • jakarta sewa mobil

    tidak hanya supir truk juga, terkadang pengendara lain seperti mobil atau motor juga ...

    View Article