Dishub Jabar Optimistis Pembebasan Lahan Bandara BIJB Dapat Dilanjutkan

By Reaksi Nasional 24 Jan 2018, 14:25:12 WIBNasional

Dishub Jabar Optimistis Pembebasan Lahan Bandara BIJB Dapat Dilanjutkan

Keterangan Gambar : Maket Bandara Internasional Jawa Barat Kertajati Majalengka


Oleh Ferry Ardiansyah

REAKSI BANDUNG - Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) Kertajati Majalengka, Jawa Barat (Jabar) diperkirakan dapat dioperasikan pada musim haji tahun ini.

Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Jabar Dedi Taufik mengatakan, pihaknya bakal melanjutkan pembebasan lahan yang harus mencapai 4.500 meter dengan alokasi dana Rp50 miliar. Selain itu, pembangunan gedung display dan pagar BIJB harus segera diselesaikan.

"Posisi BIJB untuk terminal sudah lebih dari 84 persen. Kami optimistis pengerjaan lanjutan ini, bisa tuntas sebelum soft launching (April 2018)," kata Dedi kepada wartawan di Kantor Dishub Jabar, Jalan Sukabumi, Kota Bandung, Rabu (24/1/2018).

Untuk infrastruktur jalan menuju BIJB, akses non tol sepanjang 1,77 kilometer sudah ada anggaran dari pemerintah pusat. Bahkan, akses non tol dengan lebar 60 meter itu sudah ditender.

"Jadi tinggal menunggu di bulan Februari ini untuk pengerjaan fisik," ujar dia.

Dedi melanjutkan, akses kereta cepat juga terus digenjot yang saat ini pembangunannya baru sampai Jakarta - Bandung.

"Pak Presiden menginginkan kereta cepat tidak hanya berhenti di Tegaluar, tetapi harus ke Kertajati. Kami harus respons baik karena Pak Presiden punya target waktu untuk menyelesaikan pekerjaan ini," jelasnya.

Selain itu, proyek Pelabuhan Patimban juga harus segera rampung. Penetapan lokasi sudah dilaksanakan di tahun 2017 dan pembebasan lahan ditangani oleh Kementerian Perhubungan.

"Kami dari pemerintah daerah mendukung dari aspek administrasi dan perencanaan. Tahun 2019 nanti diharapkan Pelabuhan Patimban sudah bisa selesai," tuturnya.

Ia menambahkan, pihaknya menggarap Pelabuhan Cirebon sesuai dengan nota kesepahaman bersama Pelindo II yang akan dikembangkan dengan reklamasi seluas 50 hektare.

"Pelabuhan Patimban dan Pelabuhan Cirebon akan terhubung dengan BIJB, sehingga akses menuju BIJB bervariasi. Seluruh infrastruktur harus terhubung satu dengan yang lain agar layanan transportasi kepada masyarakat lebih baik," jelasnya.

Lebih lanjut, Dishub Jabar berupaya optimal dalam menyelesaikan proyek yang tercantum di ABPD.

"Yang belum tertuang kami akan berkirim surat ke pemerintah pusat supaya diselesaikan," ucapnya.

Ia mencontohkan, pihaknya telah menjalankan peran sesuai kesepakatan untuk membebaskan lahan di pembangunan Jalan Tanjungrasa-Cibungur sepanjang 10 kilometer.

"Tinggal pemerintah pusat melaksanakan infrastruktur fisik. Nantinya ini akan terintegrasi dengan Pelabuhan Patimban," paparnya.

Sementara itu di tempat terpisah, Wakil Ketua Komisi IV DPRD Jabar Daddy Rohandy, yang menangani pembangunan saat dimintai tanggapannya terkait perkembangan BIJB mengatakan, pihaknya merespons positif bila dinas teknis yang membidangi pembangunan bandara itu agresif untuk segera melanjutkan proyek kebanggan masyarakat Jabar tersebut.

Legislator Daerah Pemilihan Cirebon-Indramayu ini menambahkan, bila pembebasan lahan segera dituntaskan, pihaknya optimistis bandara itu dapat di pergunakan untuk pemberangkatan Jemaah Haji Embarkasi Jabar.

“Sehingga, untuk jemaah haji wilayah Pantura lebih dekat, tidak perlu ke Bandara Halim Perdanakusuma,” tandas politisi Partai Gerindra ini. ***



Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment

IKLAN (ADVERTISEMENT)

Temukan juga kami di

Ikuti kami di facebook dan twitter serta dapatkan informasi terbaru dari kami disana.

Jejak Pendapat



Komentar Terakhir

  • Flow Meter Tokico Jakarta

    Hello there, You’ve done a great job. I’ll definitely digg it and personally ...

    View Article
  • Open Trip Pulau Seribu

    Hey, you used to write great, but the last few posts have been kinda boring¡K I ...

    View Article
  • Distributor pipa HDPE

    Wow, superb blog layout! How long have you been blogging for? you made blogging look ...

    View Article
  • jakarta sewa mobil

    tidak hanya supir truk juga, terkadang pengendara lain seperti mobil atau motor juga ...

    View Article