Dinilai Berhasil Tangani TKI, Aspataki Berikan Anugerah Award kepada 11 Aparatur Negara

By Reaksi Nasional 07 Feb 2018, 11:51:14 WIBNasional

Dinilai Berhasil Tangani TKI, Aspataki Berikan Anugerah Award kepada 11 Aparatur Negara

Keterangan Gambar : AWARD: Ketum Aspataki Saiful Mashud memberikan award kepada Direktur PPTKLN Kemnaker R Soes Hindharno dan kepada pejabat pemerintah lainnya. (REAKSI)


Oleh Friendli Sianipar

Asosiasi  Perusahaan Penempatan Pekerja Migran Indonesia (Aspataki) menganugerahi award kepada pejabat pemerintah yang terlibat menangani dan memberikan perlindungan serta kesejahteraan kepada Tenaga Kerja Indonesia (TKI). Award itu, diberikan kepada 11 aparatur negara dari Kementerian Ketenagakerjaan, Badan Nasional Penempatan dan Perlindungan Tenaga Kerja Indonesia (BNP2TKI) serta pejabat daerah.

“Kami tidak berhenti sampai disini saja memberikan penilaian. Hal seperti ini juga akan kami berikan dan tingkatkan di tahun mendatang,” kata Ketua Umum (Ketum) Aspataki Saiful Mashud saat Rakernas Aspataki di Bandung, kemarin.

Dalam Rakernas bertajuk "Kesiapan Aspataki Melaksanakan UU No 18 Tahun 2017" itu, Saiful memberikan award kepada Dirjen Binapenta Kemnaker Maruli Tambunan, Direktur PPTKLN Kemnaker R. Soes Hindharno, Kasubdit Kelembagaan Kemnaker Rendra Setiawan, Atase Ketenagakerjaan KBRI Singapura Agus Ramdhany, Kepala Bidang Tenaga Kerja KDEI  Devriel Sogia, Kepala Disnakertrans Propinsi Jawa Timur Setiajit, dan Deputi Penempatan BNP2TKI Teguh Hendro Cahyo.

Kemudian, Kepala BP3TKI Bandung Delta, Kepala BP3TKI Jakarta Mucharom Ashadi, Kasubdit PAP dan Fasilitasi Pembiayaan  BNP2TKI Sri Handayani serta Koordinator P4TKI  Malang M Iqbal dari BNp2TKI.

Saiful mengatakan, tahun mendatang pihaknya akan menilai dan mencatat poin pelayanan kepada TKI, termasuk mencatat pejabat yang telah mendapat penghargaan dan yang belum. Pencatatan itu dimaksudkan untuk memberikan penghargaan kategori “Primaire Aspataki Award”.

“Kategori “Primaire Aspataki Award” ini akan kami berikan kepada pejabat tinggi, pejabat daerah, kapolda/kapolres, gubernur serta bupati, perwakilan luar negeri, kepala LTSA/PTSP/PTSA, juga swasta dan mitra kerja luar negeri,” tandasnya.

Selain memberikan penghargaan, Aspataki juga merekomendasikan agar seluruh peraturan turunan dari UU No 18 Tahun 2017 tentang Perlindungan Pekerja Migran Indonesia seperti Permen/ Peraturan Pemerintah atau Perka BNP2TKI disesuikan dengan kesiapan dan kemampuan pemerintah, baik sumber daya manusia (SDM) maupun anggaran.

“Anggaran dan skema perekrutan serta pelatihan harus benar-benar siap, sehingga dipastikan seluruh peraturan turunan bisa dilaksanakan. Ketidaksiapan SDM dan anggaran pemerintah akan menjadikan aturan turunan itu menjadi mandul dan hanya akan menghiasi lembaran lembaran negara,” ujar dia.

Dengan lahirnya UU No 18/2017 itu, katannya menambahkan, peran swasta hanya menempatkan TKI, tidak lagi membiayai proses perekrutan, pelatihan dan penempatan. Jadi semunya akan berpulang kepada pemerintah. Artinya, penyiapan calon TKI kompeten menjadi tanggung jawab pemerintah, bukan menjadi tanggung jawab swasta.

Terkait isu akan dibukanya kembali penempatan TKI ke Arab Saudi, Saiful menegaskan, hendaknya penghentian sementara (moratorium) itu dicabut dulu, kemudian dilakukan uji coba penempatannya agar tidak melanggar aturannya.

“Semua tahu penempatan TKI ke Arab Saudi hanya menginginkan pekerja sektor rumah tangga, bukan pada sektor formal," jelas dia. ***



Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment

IKLAN (ADVERTISEMENT)

Temukan juga kami di

Ikuti kami di facebook dan twitter serta dapatkan informasi terbaru dari kami disana.

Jejak Pendapat



Komentar Terakhir

  • tempat les bahasa inggris

    sering - sering update artikelnya | ang ...

    View Article
  • Jasa Sumur Bor yogyakarta

    jarang sekali ada web site yang meyediakan artikel semenarik ini | ang ...

    View Article
  • jasa bikin seragam online murah di bandung

    Situs Anda selalu memberikan berita yang update, menarik dan bermanfaat | nur ...

    View Article
  • jasa bikin seragam partai di bandung

    artikelnya sudah bagus, di tunggu update terbarunya terimakasih | nur ...

    View Article