Dinas PUPR Siap Bangun Infrastruktur Kabupaten Bekasi

By Reaksi Nasional 21 Feb 2019, 13:35:04 WIBReaksi Bekasi

Dinas PUPR Siap Bangun Infrastruktur Kabupaten Bekasi

Keterangan Gambar : Seketaris Dinas PUPR Kab Bekasi, Iman Nugraha


REAKSI CIKARANG - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bekasi melalui Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kabupaten Bekasi, pada tahun 2019 akan melakukan pembangunan sejumlah infrastruktur. Pembangunan infrastruktur itu akan tersebar disejumlah wilayah Kabupaten Bekasi.

Demi terealisasinya pembangunan sejumlah infrastruktur tersebut, Dinas PUPR telah mengalokasikan anggaran dari APBD Kabupaten Bekasi tahun 2019 sebesar Rp 700 miliar. Anggaran tersebut diperuntukan bagi sejumlah pembangunan seperti sekolah, jembatan, drainase dan jalan.

Demikian diungkapkan Seketaris Dinas PUPR Kabupaten Bekasi, Iman Nugraha kepada Reaksi, Rabu (20/2). Menurut Iman, pembangunan infrastruktur tersebut proses lelangnya akan mulai dilakukan pada awal Maret 2019, dan rencananya lelangnya akan dilakukan secara bertahap dengan mengedapankan skala prioritas dan urgenitas.

"Kita perkirakan sekitar awal Maret 2019 lelang sudah mulai dilakukan, dan kita akan mendahulukan yang urgent," ujar Iman.

Dikatakan Iman, pada tahap pertama ini kegiatan yang dilelang merupakan pekerjaan yang anggarannya minimal Rp 9 miliar, dan kegiatannya ada sekitar10 peket. Sementara untuk tahap kedua lelangnya akan dilakukan pada awal April hingga awal Mei 2019. Sehingga diharapkan pada Mei 2019 kegiatan sudah mulai dilaksanakan oleh pihak ketiga.

"Diharapkan pada Mei 2019 sejumlah proyek pembangunan infrastruktur itu bisa dilaksanakan, sehingga masyarakat bisa menikmati pembangunan," ungkapnya.

Iman menambahkan, anggaran yang mencapai Rp700 miliar tersebut terbagi atas ratusan paket pekerjaan. Namun ada 3 kegiatan yang dikategorikan besar, yaitu lanjutan pembangunan jembatan Pantai Bhakti sekitar Rp 47 miliar, Penanganan longsor badan jalan ruas Karang Satria Tambun Utara sebesar Rp 10 m, dan Lanjutan pembangunan jembatan Rengas Dengklok anggarannya sekitar Rp 27 miliar.

Selain itu, dalam pembangunan infrastruktur tersebut Dinas PUPR Kab Bekasi juga akan membangun trotoar yang dirancang ramah bagi penyandang disabilitas. Dan untuk pembangunan yang berpihak bagi penyandang disabilitas, pada tahun 2019 ini telah dialokasikan anggaran sekitar Rp 19,8 miliar untuk pembangunan jalan dan trotoar di lima titik wilayah Kabupaten Bekasi.

"Ada 3 pekerjaan kategori besar yang anggarannya memcapai Rp 84 miliar, sementara untuk untuk pembangunan trotoar yang ramah penyandang diaabilitas sebesar Rp19,8 miliar," beber Iman.

Sedangkan untuk pembangunan sejumlah sarana pendidikan yang tersebar di Kabupaten Bekasi, ungkap Iman menambahkan, Dinas PUPR mengalokasikan dana sebesar Rp 299 miliar. Jumlah anggaran tersebut menjadi komitmen Pemkab untuk memperbaiki sekolah secara massa, meskipun tidak seluruhnya bisa diperbaiki karena jumlah sekolah yang rusak di Kabupaten Bekasi mencapai 5.696 ruang kelas.

Namun berdasarkan rencana pembangunan, anggaran tersebut dibagi atas beberapa kegiatan, diantaranya untuk pembangunan sekolah baru di dua lokasi dengan nilai Rp 30 miliar, kemudian ruang kelas baru di 39 lokasi dengan nilai Rp 86 miliar. Sedangkan untuk merehabilitasi total di 52 lokasi, nilai anggarannya mencapai Rp 127 Miliar.

"Untuk pembangunan sarana pendidikan pihanya telah mengalokasikan anggaran sebesar Rp299 miliar," imbuh Iman.

Iman menjelaskan, anggaran bagi pembangunan sarana pendidikan ini menjadi yang terbesar dari berbagai pembangunan infrastruktur lainnya . Sehingga apabila dihitung dari keseluruhan anggaran di dinas PUPR Kab Bekasi paling besar untuk sekolah. Rp 299 miliar itu sekitar 42 persennya dari anggaran yang ada untuk pembangunan di Dinas PUPR.

Anggaran untuk pembangunan, ditambahkan Iman, berjumlah Rp 699 miliar atau 12 persen dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah Tahun Anggaran 2019. APBD Kabupaten Bekasi 2019 itu kan Rp 5,8 triliun, sebanyak 12 persennya ada di pembangunan. Selain pendidikan, alokasi anggaran juga untuk jalan dan sumber daya air. (ADV)



Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment

IKLAN (ADVERTISEMENT)

Temukan juga kami di

Ikuti kami di facebook dan twitter serta dapatkan informasi terbaru dari kami disana.

Jejak Pendapat



Komentar Terakhir

  • custom t shirt manufacturers china

    I was wondering if you ever thought of changing the structure of your website? Its ...

    View Article
  • cashmere sweater manufacturers in india

    Hi! I could have sworn I've been to this site before but after going through ...

    View Article
  • mercerized cotton polo shirts

    Awesome blog! Do you have any tips for aspiring writers? I'm planning to start ...

    View Article
  • cheerleader uniform dress

    I think this is one of the most important info for me. And i am glad reading your ...

    View Article