Dinas LH akan Tindaklanjuti TPS Ilegal di Desa Cangkring

By Reaksi Nasional 15 Mei 2019, 14:03:30 WIBJabar dan Banten

Dinas LH akan Tindaklanjuti TPS Ilegal di Desa Cangkring

Keterangan Gambar :


Oleh Jamaludin  

REAKSI CIREBON – Komisi III DPRD bersama Dinas Lingkungan Hidup Daerah (DLHD) Kabupaten Cirebon akan tindaklanjuti TPS ilegal yang berada di Desa Cangkring, Kecamatan Plered pada Jumat (16/5/19).

Hal tersebut disampaikan Kepala Bidang Kebersihan dan pertamanan DLHD Kabupaten Cirebon, Dedi Sudarman terkait kunjungan ke Desa Cangkring yang sudah diagendakan Bamus DPRD Kabupaten Cirebon sejak bulan lalu.

“Jumat besok kita turun ke lokasi. Kita ingin lihat apa yang bisa kita lakukan terkait persoalan TPS ilegal di Desa Cangkring. Karena informasi yang kita dengar ini kan dijadikan TPS oleh industri,” ungkapnya, kemarin.

Selanjutnya ia juga menyampaikan turut mendukung upaya Pemdes setempat yang melakukan penutupan lokasi, karena TPS itu merupakan TPS yang keberadaanya ilegal. Selain berpotensi merusak lingkungan, namun juga mengganggu masyarakat sekitar.

“Saya apresiasi penutupan oleh Pemdes, kita akan mendukung. Nanti apa yang bisa kita support akan kita lakukan untuk membantu Pemdes,” ujarnya.

Ia meminta kepada industri-industri yang ada di sekitar wilayah Plered  untuk tidak lagi membuang sampah di lokasi setempat. Ia juga mendorong agar industri-industri yang tidak memiliki sistem pengolahan limbah atau sampah yang baik bisa bekerja sama dengan DLH untuk menanganinya.

“Rekomendasi pasti nanti kita lihat ke lokasi. Melihat kondisi terkini dan yang terpenting mendorong industri yang ada untuk melakukan penanganan sampah yang baik, jangan sungkan untuk menghubungi DLHD,” tambahnya.

Dedi juga menyampaikan, terkait TPS ilegal tersebut pihaknya tidak hanya fokus pada satu wilayah tersebut. Saat ini, DLHD sedang menangani satu persatu kasus TPS ilegal yang ada do pelosok Kabupaten Cirebon.

“Hari ini kita bersihkan sampah di TPS ilegal Kanci, selain itu ada beberapa titik lainnya. Kami minta kerja sama dari masyarakat agar tidka membuang sampah di lokasi TPS ilegal,” Jelasnya.

Lokasi TPS ilegal yang berada di Desa Cangkring yang bertempat di bantaran Sungai Soka sudah dibuka secara terang-terangan sejak industri masuk ke wilayah Kecamatan Plered. Walaupun digunakan oleh masyarakat setempat untuk membuang sampah rumah tangga, namun TPS tersebut lebih banyak digunakan oleh industri. Tidak heran jika sampah tersebut akhirnya meluber ke sungai. Ditambah lagi hampir setiap hari dibakar, sehingga asap yang dihasilkan dapat mengganggu warga sekitar dan pengendara yang melintasi.

Menurut aktivis Lingkungan Cirebon, Rizky Pratama, lokasi TPS tersebut sangat terbuka dan dapat terlihat jelas dari jalan raya sehingga mustahil jika pihak terkait tidak mengetahuinya selama tujuh tahun terakhir ini.

“Ini sebenarnya mungkin puncaknya. Lokasinya pun di tempat terbuka dan gampang terlihat, masalahnya kan lokasi itu sudah tujuh tahun berjalan. Dinas teknis terkait terkesan tutup mata selama ini. Padahal yang dirusakkan lingkungan, seperti sungai yang jelas ada air dan udara,” ungkapnya.

Ia pun menyampaikan, yang paling fatal sungai Soka tersebut digunakan sebagai lokasi pembuangan limbah sedot WC. Padahal itu merupakan sumber air baku PDAM untuk wilayah pengolahan reservisor Babadan yang menyatu dengan aliran sungai Bondet.

“Kami mendesak audit longkungannya terkait kerusakan dan dampak negatifnya, dan pihak-pihak yang selama ini membuang sampah di situ terutama industri, harus ikut bertanggung jawab memulihkan kondisi awal wilayah tersebut. Apalagi ini di bantaran sungai, ada sanksinya dan harus dijalankan,” katanya. (R2)



Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment

IKLAN (ADVERTISEMENT)

Temukan juga kami di

Ikuti kami di facebook dan twitter serta dapatkan informasi terbaru dari kami disana.

Jejak Pendapat



Komentar Terakhir

  • gajjosk

    ??????? ?? ??????????!!!!! ...

    View Article
  • Indocommco

    Ya benar sekali SDM kita masih kurang mengenal perkembangan teknologi, bahkan masih ...

    View Article
  • toko bunga Jakarta

    Tanaman hias di sepanjang jalan di Jakarta jika sudah masuk musim kemarau menjadi ...

    View Article
  • Konsultan Pajak

    Biasanya penunggak itu malas bayar atau gak tahu cara hitungnya, lebih baik dateng ...

    View Article