Diduga Terlibat Perdagangan Orang, Bakal Calon Kuwu Geyongan Terancam Dibui

By Reaksi Nasional 23 Sep 2019, 11:32:56 WIBHukum&Kriminal

Diduga Terlibat Perdagangan Orang, Bakal Calon Kuwu Geyongan Terancam Dibui

Keterangan Gambar :


Oleh Sukadi

REAKSI CIREBON – Bakal calon kuwu Desa Geyongan yang berinisial MH diduga terancam dibui. Calon kuwu yang telah mendaftar menjadi Balon kuwu di desa Geyongan, Kecamatan Arjawinangun, Kabupaten Cirebon, ini kini sedang dalam proses penyelidikan kepolisisan terkait dugaan tindak pidana perdagangan orang.

Perdagangan orang merupakan tindakan pidana yang diatur berdasarkan UU Nomor 21 tahun 2007 tentang Trafficking tentang Trafficking/ tindak pidana perdagangan orang. Pada pasal 102 ayat (1) huruf a dan atau pasal 103 ayat (1) huruf f dan huruf g Undang-undang nomor 39 tahun 2004 tentang perlindungan dan penempatan Pekerja Migran Indonesia ke luar negeri, yang sekarang diubah menjadi UU nomor 18 tahun 2017 tentang penempatan dan perlindungan Pekerja Migran Indonesia, MH diduga telah melakukan tindakan melawan hukum.

Ketua DPC Cirebon, Sudjono, mengatakan, sebagaimana aturan yang telah ditentukan apabila orang tersebut benar melanggar hukum, maka harus segera diproses dan segera dilakukan penangkapan oleh pihak kepolisian.

Ia juga menyampaikan, terkait MH yang sudah mendaftarkan diri menjadi Balon kuwu, harusnya ada evaluasi dari pihak panitia terhadap bakal calon kuwu yang berinisial MH, karena diduga telah melanggar hukum.

“Karena MH diduga seringkali memberangkatkan PMI (Pekerja migran Indonesia) ke Timur Tengah yang sudah moratorium (penghentian) sejak Susilo Bambang Yudhoyono (SBY), hingga 2019 yang kini sudah ganti presiden belum ada pencabutan moratorium (penghentian),” terangnya.

Ia meminta, sebelum ditetapkan menjadi calon kuwu Desa Geyongan seharunya panitia sebelas melakukan tindakan mulai dari evaluasi penelitian persyaratan, bahkan dapat didiskualifikasi dari peserta bakal calon kuwu karena dapat dikatakan yang bersangkutan telah cacat hukum.

“Pertanyaannya, kenapa pada saat mendafatar dan meminta SKCK dari kepolisian Polres Cirebon, pihak polres menerbitkan SKCK. Padahal pada bulan April 2019 sudah ada pelaporan terkait trafficking, tapi sangat disayangkan pada saat pembuatan SKCK sebagai persayaratan bakal calon kuwu pihak polres menerbitkan surat SKCK tersebut, sehingga itu perlu dievaluasi kembali atau diteliti kembali masalah persyaratan bakal calon kuwu,” tukasnya.

Sementara itu, bang Yosh biasa dipanggil Yoshua juga meminta kepada pihak Imigrasi di NKRI Negara Kesatuan Republik Indonesia agar tidak lagi menerbitkan paspor yang tidak ada rekomendasi dari yang bertanggung jawab, untuk mencegah terjadinya pekerja luar negeri yang unprosedural/ trafficking. Dia juga meminta kepolisian segera memproses dan melakukan penangkapan, karena diduga melakukan tindakan melanggar hukum.

Salah satu warga Desa Geyongan yang tidak mau disebutkan namanya, berharap agar MH menyelesaikan terlebih dahulu persoalan hukum yang ditanggungya, dan tidak melanjutkan untuk mengikuti pencalonan bakal calon kuwu di Desa Geyongan, Kecamatan Arjawinangun.

Sementara itu Kasat Reskrim Polres Cirebon melalui Kanit PPA Ibu Dwi mengungkapkan, kalau untuk proses dugaan tindak pidana perdagangan manusia hingga sekarang masih tahap proses pemanggilan para saksi-saksi terkait.

“Kalau berkas sudah lengkap akan diadakan ekspose untuk perkara ini, sehingga terkait dugaan tindak pidana perdagangan manusia yang di dalamnya diduga ada keterlibatan MH yang katanya bakal calon kuwu Desa Geyongan, prosesnya masih tetap berjalan sampai dengan ada kelengkapan berkas,” ujarnya, Senin (23/9/19). (R2)



Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment

IKLAN (ADVERTISEMENT)

Temukan juga kami di

Ikuti kami di facebook dan twitter serta dapatkan informasi terbaru dari kami disana.

Jejak Pendapat



Komentar Terakhir

  • EvaClink

    <a href="http://tabssale.com/">generic of prevacid</a> ...

    View Article
  • Online Paper Writer

    <a href="http://homeworkyes.com/">writing for money</a> <a ...

    View Article
  • EvaClink

    [url=http://zofrantabs.com/]zofran canada pharmacy[/url] ...

    View Article
  • Assignment Operators

    [url=http://mortgageqts.com/]first time home buyer loans[/url] ...

    View Article