Diduga tak Kantongi Izin, Tower Milik PT Iforte Berdiri di Atas Trotoar

By Reaksi Nasional 07 Feb 2019, 12:15:56 WIBMegapolitan

Diduga tak Kantongi Izin, Tower Milik PT Iforte Berdiri di Atas Trotoar

Keterangan Gambar : Tower milik PT Iforte yang berdiri di Jalan Fajar Baru RT 15/RW 08 Kelurahan Cengkareng Timur.


Oleh Khairuddin Sinambela & Maulen Munthe

REAKSI  JAKARTA - Tower  milik PT Iforte berdiri di atas trotoar di Jalan Fajar Baru RT 15/ RW 08, Kelurahan Cengkareng Timur, Kecamatan Cengkareng, Kota Administrasi Jakarta Barat. Tower yang mencapai ketinggian puluhan meter ini diduga belum mengantongi izin dari unit terkait.

Keberadaan tower milik PT Iforte tersebut menuai banyak sorotan, baik dari kalangan masyarakat maupun kalangan media terkait masalah perizinannya.

Sumber Reaksi mengatakan, tower tersebut bisa berdiri disebabkan minimnya pengawasan dari unit terkait. “Kesempatan tersebut bisa dimanfaatkan oleh pihak-pihak tertentu dengan leluasa untuk mengembangkan bisnisnya,” ujar sumber itu.

Sementara itu, Untung Pitoyo selaku Kepala Seksi Jalur dan Trotoar Suku Dinas Bina Marga Kota Administrasi Jakarta Barat, kepada Reaksi, Kamis (7/2/2019) mengatakan, pihaknya sudah melayangkan surat kepada PT Iforte, PTSP Provinsi DKI Jakarta, Satpol PP provinsi dan Dinas Citata terkait masalah perizinannya.

“Namun, surat yang kami kirim belum mendapatkan balasan atau jawaban dari masing-masing unit terkait. Jadi kami bisa mengambil tindakan bila surat tersebut sudah mendapat jawaban dari mereka,” katanya.

Menurutnya, kalau memang benar dugaan bahwa tower milik PT Iforte tersebut belum mengantongi Izin Mendirikan Bangunan (IMB) sama sekali, pihak Sudin Bina Marga akan mengajukan kepada unit terkait agar tower tersebut dibongkar.

“Pasalnya, trotoar itu adalah tempat khusus yang digunakan untuk pejalan kaki. Dan tidak bisa dipergunakan untuk kepentingan bisnis oleh pihak-pihak tertentu. Jadi bangunan apapun itu yang sifatnya komersil tidak boleh berdiri di atas trotoar,” ujar Untung.

 Tamo Sijabat selaku Kasatpol PP Jakarta Barat mengatakan, terkait surat yang dikirimkan oleh Sudin Bina Marga, bukan ke Satpol PP tingkat kota. Menurutnya, surat dari Sudin Bina Marga  tersebut tujuannya kepada Sat Pol PP propinsi DKI Jakarta.

"Tahun 2019 surat belum ada kami terima dari SKPD Sudin Bina Marga. Apalagi terkait masalah untuk penertiban pembongkaran pembangunan tower tanpa izin di Jalan Fajar Baru RT 15/RW 8 Cengkareng Timur, Kecamatan Cengkareng,” katanya.

Terkait hal tersebut pihaknya hanya menjalankan instruksi dari Satpol PP propinsi. Namun, hingga saat ini pihaknya belum menerima surat apapun terkait masalah periizinan dan keberadaan tower tersebut.

“Izinnya kan dikeluarkan oleh Dinas Penanaman Modal Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) propinsi DKI Jakarta,” tutur Tamo.

Pihak PT Iforte belum bisa dikonfirmasi terkait tower tersebut. (R2)

 

 



Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment

IKLAN (ADVERTISEMENT)

Temukan juga kami di

Ikuti kami di facebook dan twitter serta dapatkan informasi terbaru dari kami disana.

Jejak Pendapat



Komentar Terakhir

  • uguhozamevo

    http://theprettyguineapig.com/amoxicillin/ - Amoxicillin <a ...

    View Article
  • eyusoxax

    http://theprettyguineapig.com/amoxicillin/ - Amoxicillin Online <a ...

    View Article
  • buy fake degree

    Wonderful website. A lot of helpful info here. I am sending it to a few pals ans ...

    View Article
  • camo polar fleece fabric

    Thanks for every other informative site. Where else could I get that type of info ...

    View Article