Dewan Dukung Sektor Pariwisata Jadi Program Prioritas

By Reaksi Nasional 19 Nov 2019, 13:27:35 WIBJabar dan Banten

Dewan Dukung Sektor Pariwisata Jadi Program Prioritas

Keterangan Gambar :


Oleh Ferry Ardiansyah & Herry Juhana

REAKSI BANDUNG - Salah satu program prioritas gubernur Jawa Barat (Jabar) Ridwan Kamil adalah sektor pariwisata. Bahkan kang Emil sapaan akarab pria berkacamata ini berkeinginan menjadikan  Provinsi pariwisata, menginggat daerah ini memiliki objek daerah tujuan wisata (ODTW) sebanyak  1.924 destinasi wisata dengan karakteristik yang berbeda-beda.

Sejalan dengan keinginan gubernur itu, Anggota Komisi II DPRD Jawa Barat, Faizal Hafan Farid mendukung destinasi wisata menjadi salah satu sektor yang menjadi prioritas pembangunan di Jawa Barat.

"Kaitan pariwisata memang sesuatu yang menarik di Jawa Barat, karena sudah dicanangkan tahun 2020 menjadi provinsi pariwisata. Kita bicara pariwisata memang beda ini kaitan yang menyenangkan, ringan tapi kebutuhannya luar biasa," ungkapnya kepada media, Selasa (19/11).

Di Jawa Barat, saat ini beberapa destinasi wisata sedang dalam pembangunan seperti akses menuju lokasi tempat pariwisata, demikian juga infrastruktur juga tengah diperbaiki agar lebih bersih, menarik dan kelihatan berbeda.

Keseriusan Pemerintah Provinsi Jawa Barat dalam pembangunan wisata, terbukti dari kucuran dana yang dikeluarkan. Tahun 2019 ini saja sebesar Rp160 miliar dari anggaran APBD, tahun 2020 meningkat menjadi 300 miliar. Anggaran itu mengalahkan anggaran dari sektor lain seperti sektor kehutanan maupun perkebunan.

"Dengan anggaran pembangunan yang ada, untuk tahun 2019 wisatawan yang masuk ke Jawa Barat terdapat 49.8 juta wisatawan, 48 juta itu domestik dan 1.8 ini mancanegara.

Ia menyebut, Jawa Barat sedang mencanangkan menjadi wilayah pariwisata 2019-2023, diharapkan dengan wacana ini dapat mendapatkan penghasilan dari sektor pariwisata hingga 43,5 triliun. Upaya ini terus dilakukan agar meningkatnya Pajak Daerah dan Retribusi Daerah (PDRD) dari sisi pariwisata.

"Dari berbagai unsur seperti budaya, kuliner, olahraga, religi, seni, dan lainnya. ini perlu dikaitkan. Kemudian kalau Jawa Barat berhasil mendongkrak pariwisata nantinya bakal mendapatkan bonus dari Pemerintah Pusat hingga 200 miliar," tuturnya.

Sementara, untuk wilayah Kabupaten Bekasi ia menganggap perlu adanya peningkatan upaya peningkatan sektor pariwisata.

"Di Kabupaten Bekasi saya melihat data terakhir, wilayah ini justru masyarakat banyak yang menikmati tempat di luar Bekasi hampir 80% keluar, ini jadi perhatian. Saya berharap Bekasi juga mempunyai program yang nyambung dengan yang sedang didorong Jawa Barat agar muncul kegairahan dari sektor pariwisata dan dapat meningkatkan perekonomian di Bekasi," pungkasnya. (R2)



Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment

IKLAN (ADVERTISEMENT)

Temukan juga kami di

Ikuti kami di facebook dan twitter serta dapatkan informasi terbaru dari kami disana.

Jejak Pendapat



Komentar Terakhir

  • rnkgglixat

    Or phagocytes that position on your smite <a ...

    View Article
  • ilfwqoyraj

    Thymol on Merciful Loyalists In distrust <a ...

    View Article
  • dvtqbcjazc

    In subordinates where the ramifications swamp and menopause <a ...

    View Article
  • bnbnmwvyin

    Can partnerships billet winding <a href="http://genericvi.com/">viagra ...

    View Article