Dana SEA Games Rp 59 Miliar Segera Cair

By Reaksi Nasional 22 Nov 2019, 12:48:32 WIBMegapolitan

Dana SEA Games Rp 59 Miliar Segera Cair

Keterangan Gambar : Sekretaris Jenderal KOI Ferry Kono mengatakan, dana tersebut lebih kecil dari kebutuhan kontingen Indonesia ke SEA Games 2019, yang sebelumnya diajukan sebesar Rp 67 miliar


Oleh Suherlan

REAKSI JAKARTA - Angin segar dipastikan menghampiri atlet Indonesia. Pasalnya, Kemenpora dan (Committe of Indonesia) NOC resmi melakukan penandatanganan nota kesepahaman atau MoU.

Penandatanganan nota kesepahaman atau MoU tersebut terkait bantuan dana atlet di SEA Games 2019 Filipina.

Sejatinya, acara penandatangan nota kesepahaman ini berlangsung di Kantor Kemenpora RI di kawasan Senayan, Jakarta Pusat, pada Rabu (20/11/2019) sore.

Dan, dana yang dikucurkan oleh pemerintah untuk membiayai kontingen Tanah Air selama mengikuti SEA Games 2019 di Filipina sekitar 59 miliar rupiah.

"Kami baru menandatangani MoU sekarang karena penuh kehati-hatian. Kami ingin semua berjalan lancar dan sesuai trek," kata Sekretaris Kemenpora RI (Sesmenpora RI), Gatot S Dewa Broto.

"Dengan ini, semoga para atlet tak menemui kendala apapun dan fokus pada prestasi," sambungnya.

Gatot menambahakan, bahwa bantuan dana atlet di SEA Games 2019 Filipina ini akan cair lima hari setelah dikirimkan ke KPPN.

"Memang sangat mepet dengan penyelenggaraan SEA Games. Akan tetapi, kami sudah meminta supaya diusahakan agar bisa lebih cepat dari lima hari," ujar Gatot.

Sementara itu, Sekretaris Jenderal KOI Ferry Kono mengatakan, dana tersebut lebih kecil dari kebutuhan kontingen Indonesia ke SEA Games 2019, yang sebelumnya diajukan sebesar Rp 67 miliar.

Untuk menambal kekurangan dana tersebut, KOI meminta agar federasi cabang olahraga membiayai ofisial secara mandiri. Ferry mengklaim pengurus cabang olahraga bersedia dengan opsi tersebut.

"Terima kasih kepada bantuan Kemenpora. Dari Rp 67 miliar yang kami ajukan setelah diverifikasi menjadi Rp 59 miliar sekian. Ada partisipasi aktif PB untuk turut membiayai ofisialnya dan ada bantuan sponsor," kata Ferry.

Ferry juga menjelaskan bahwa untuk menalangi kekurangan dari anggaran pemerintah, akan memanfaatkan sponsor. Sejauh ini ada dua perusahaan swasta yang ikut membantu, yakni Gojek dan Walls.

"Dua sponsor ini diharapkan bisa menutupi selisih anggaran yang dari pemerintah. Dari Gojek Rp 2,5 miliar, sementara dari Walls Rp 5 miliar namun sampai Olimpiade. Jadi pembagiannya, untuk SEA Games kami alokasikan Rp 1,5 miliar," jelasnya.

Sebagai informasi, SEA Games Manila 2019 akan dimulai pada 30 November mendatang. Adapun jumlah atlet yang dikirmkan Indonesia adalah 841 orang. (Tim)

 



Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment

IKLAN (ADVERTISEMENT)

Temukan juga kami di

Ikuti kami di facebook dan twitter serta dapatkan informasi terbaru dari kami disana.

Jejak Pendapat



Komentar Terakhir

  • rnkgglixat

    Or phagocytes that position on your smite <a ...

    View Article
  • ilfwqoyraj

    Thymol on Merciful Loyalists In distrust <a ...

    View Article
  • dvtqbcjazc

    In subordinates where the ramifications swamp and menopause <a ...

    View Article
  • bnbnmwvyin

    Can partnerships billet winding <a href="http://genericvi.com/">viagra ...

    View Article