Bupati Ade: Penambang Liar akan Diberi Pekerjaan Lain

By Reaksi Nasional 15 Mei 2019, 18:00:43 WIBJabar dan Banten

Bupati Ade: Penambang Liar akan Diberi Pekerjaan Lain

Keterangan Gambar : Bupati Bogor Ade Yasin saat diwawancarai, Selasa (14/5/2019)./Foto: Rishad


Oleh Marihot Pakpahan  

REAKSI BOGOR  – Tewasnya penambang emas ilegal atau  gurandil akibat tertimpa longsor di Desa Bantarkaret beberapa hari lalu membuat Pemerintah Kabupaten Bogor prihatin. Bupati Bogor Ade Yasin mengatakan sebenarnya pihaknya telah memiliki program untuk mengatasi kegiatan para penambang liar itu.                                                                                        Menurut Ade, Pemkab Bogor bersama PT Antam UBPE Pongkor terus berupaya mencari mata pencaharian baru agar warga di sekitar Gunung Pongkor berhenti melakukan aktifitas penambangan liar alias gurandil.

“Sudah dilakukan sebetulnya sejak 2015. Apalagi akan ada Geopark Pongkor yang bisa dimanfaatkan warga sekitar untuk hidup dalam sektor pertanian, pariwisata dan peternakan,” kata Ade kepada wartawan, Selasa (14/5).

Ade pun mengakui, patroli gurandil yang dilakukan TNI, Polri dan PT Antam kerap kebobolan. Menurutnya, tindakan represif seperti  itu tidak akan efektif untuk menghentikan aktivitas penambangan liar.

“Gurandil itu lincah, selain itu,  lokasi penambangan ada di bawah tanah jadi sulit dideteksi. Gurandil juga sudah tau seluk beluk Gunung Pongkor. Makanya seringkali lolos dari razia petugas,” katanya.

Dua korban meninggal pada longsor Minggu (12/5) lalu yakni, Habib (49) warga Kabupaten Brebes Jawa Tengah dan Yudi bin Dahong (30) warga Desa Harkatjaya Sukajaya, Kabupaten Bogor.

Sementara 6 korban lainnya yakni Dede (25) warga Babakan Sawah, Desa Cisarua Kecamatan Nanggung, Dika (18), warga Babakan Sawah, Desa Cisarua, Kecamatan Nanggung.

Kemudian Nurdin (45) warga Kampung Nangela, Desa Pabangbon, Kecamatan Leuwiliang, Iwan (40) warga Nangela, Desa Pabangbon, Partoni (35), Nangela, Desa Pabangbon dan Pulung (25) warga Nangela, Desa Pabangbon, Leuwiliang. (R2)

 

 



Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment

IKLAN (ADVERTISEMENT)

Temukan juga kami di

Ikuti kami di facebook dan twitter serta dapatkan informasi terbaru dari kami disana.

Jejak Pendapat



Komentar Terakhir

  • gajjosk

    ??????? ?? ??????????!!!!! ...

    View Article
  • Indocommco

    Ya benar sekali SDM kita masih kurang mengenal perkembangan teknologi, bahkan masih ...

    View Article
  • toko bunga Jakarta

    Tanaman hias di sepanjang jalan di Jakarta jika sudah masuk musim kemarau menjadi ...

    View Article
  • Konsultan Pajak

    Biasanya penunggak itu malas bayar atau gak tahu cara hitungnya, lebih baik dateng ...

    View Article