Bulan K3 Nasional Dicanangkan di Kilometer Nol Sabang

By Reaksi Nasional 12 Jan 2021, 13:49:32 WIBNasional

Bulan K3 Nasional Dicanangkan di Kilometer Nol Sabang

Keterangan Gambar : Menaker Ida Fauziah mencanangkan Bulan K3 nasional di Sabang, provinsi Aceh


Oleh Friensly Sianipar
REAKSI SABANG
– Pondasi pelaksanaan budaya Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3 ) sudah ada sejak diundangkannya Undang-Undang Nomor 1 Tahun 1970 tentang Keselamatan Kerja. Namun, meski sudah dicanangkan sejak setengah abad lalu, kecelakaan kerja di Indonesia masih relatif tinggi.

            Demikian dikatakan Menteri Ketenagakerjaan Ida Fauziah ketika mencanangkan Peringatan Bulan K3 secara Nasional di Kilometer Nol, Sabang, Provinsi Aceh, Selasa (12/01/2021). Bulan K3 itu diperingati mulai 12 Januari hingga 12 Februari 2021 dan bertajuk "Penguatan Sumber Daya Manusia Yang Unggul Dan Berbudaya K3 Pada Semua Sektor Usaha."

Merujuk data BPJS Ketenagakerjaan, pada 2019 terdapat 114 ribu kasus kecelakaan kerja. Tahun 2020 angka ini meningkat, dimana pada rentang Januari hingga Oktober 2020, BPJS Ketenagakerjaan mencatat terdapat 177 ribu kasus kecelakaan kerja.

Untuk itu, Ida menyebut tema peringatan Bulan K3 Nasional 2021 menjadi semangat dan langkah awal seluruh stakeholder ketenagakerjaan untuk membudayakan kesadaran budaya K3 di semua sektor industri, guna meminimalkan kecelakaan kerja.

"Tema ini menjadi relevan sebagai upaya mengingatkan dan mendorong secara bersama-sama untuk menerapkan budaya K3," tandasnya.

Ia menyebutkan, ada tiga hal yang perlu diperhatikan untuk menciptakan K3 unggul, yaitu K3 yang menjadi budaya di lingkungan kerja atau industry. Pertama, komitmen dan kepemimpinan manajemen. Kedua, keterlibatan pekerja/buruh. Ketiga, tersedianya akses untuk memberikan masukan, kritik dan saran dalam perbaikan K3.

"Adalah penting bagi perusahaan di Indonesia melihat korelasi antara investasi pada K3 dan kinerja. Perusahaan yang meningkatkan investasi di bidang K3, tingkat kecelakaan akibat kerja akan menurun," ujarnya.

Pada 2020, kata Ida, pemerintah telah melakukan berbagai upaya untuk meningkatkan pelaksanaan K3 secara nasional, diantaranya menyempurnakan peraturan perundang-undangan serta standar di bidang K3, termasuk menyesuaikan pelaksanaan K3 pada masa pandemi; dan meningkatkan peran pengawas bidang K3 dalam pembinaan, pemeriksaan serta penegakan hukum di bidang K3.

Pihaknya juga telah meningkatkan kesadaran dan peran berbagai pihak, meningkatkan peran serta Indonesia dalam forum-forum regional dan internasional dalam bidang K3, dan menyempurnakan pelaksanaan pengawasan, informasi dan layanan K3 berbasis digital.

Ia mengatakan, strategi nasional K3 yang akan ditetapkan pemerintah yaitu Promosi K3 Nasional, Penguatan Kapasitas Sumber Daya K3, Pengawasan dan Penegakan Hukum Norma K3, Penguatan Sistem Pelaporan dan Manajemen, Informasi K3 Nasional, serta Penguatan Koordinasi, Sinergi dan Kolaborasi K3.

Ia juga mengenalkan 3N untuk menyederhanakan pemahaman dalam mengimplementasikan K3. 3 N itu adalah Nihil Kecelakaan Kerja, Nihil Pelanggaran Norma K3, dan Nihil Penindakan Hukum K3.

"3N harus menjadi target capaian dan itu harus disosialisasikan sehingga budaya K3 akan semakin tersebar luas di masyarakat," katanya. (R1)

 



Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment

IKLAN (ADVERTISEMENT)

Temukan juga kami di

Ikuti kami di facebook dan twitter serta dapatkan informasi terbaru dari kami disana.

Jejak Pendapat



Komentar Terakhir

  • beAmbuffalatt

    [url=https://cial20mg.online/]tadalafil 25mg[/url] ...

    View Article
  • dreast

    side effects of levitra generic <a href="https://cialnm.com/">tadalafil ...

    View Article
  • dreast

    effects of viagra for men without ed <a ...

    View Article
  • JoshuaSip

    [b][url=https://gan-bcn.com/en/proyectos/espaiganc-2/#comm ent-354593]Spanish Manhattan[/url][/b] ...

    View Article