BPJSTK akan Berikan Penghargaan kepada Pemda dan Kalangan Usaha

By Reaksi Nasional 06 Feb 2019, 16:02:30 WIBNasional

BPJSTK akan Berikan Penghargaan kepada Pemda dan Kalangan Usaha

Keterangan Gambar : Direktur Kepesertaan BPJS Ketenagakerjaan E Ilyas Lubis.


Oleh Friendly Sianipar

REAKSI JAKARTA – Badan Penyelenggara Jaminan Sosial Ketenagakerjaan (BPJS TK) kembali memberikan Anugerah Paritrana 2018 kepada pemerintah provinsi, kabupaten/kota dan pengusaha yang dianggap berhasil melaksanakan dan mendukung implemetasi dan tertib adinistrasi pelaksanaan jaminan sosial ketenagakerjaan.

Rencananya, penghargaan Anugerah Paritrana 2018 itu akan diserahkan Presiden Jokowi akhir February 2019. Sebelumnya, penghargaan Anugerah Paritrana 2017 telah diberikan kepada 3 provinsi dan 3 kabupaten/kota, serta 6 perusahaan kategori besar dan menengah

Anugerah Paritrana ini merupakan inisiasi dari Pemerintah Republik Indonesia melalui Kementerian Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Kemenko-PMK) bersama BPJS Ketenagakerjaan yang sudah mulai digalang sejak 2017  lalu.

Direktur Kepesertaan BPJS Ketenagakerjaan E Ilyas Lubis mengapresiasi langkah pemerintah daerah dan perusahaan peserta yang sebelumnya telah berhasil meraih Anugerah Paritrana pada tahun 2018 lalu.

"Untuk penilaian tahun ini, sebanyak 33 pemerintah provinsi, 105 pemerintah kabupaten/kota, 89 perusahaan skala besar dan 80 perusahaan skala menengah serta 33 UKM (usaha kecil dan mikro) akan dinilai oleh tim penilai. Proses penilaian dilakukan dalam beberapa tahap, dan rencananya pada awal Februari 2019 ini akan dilakukan wawancara bagi kandidat yang lolos seleksi sebelumnya," kata Ilyas Lubis dalam siaran persnya, Senin (4/2).

Proses wawancara ini, katanya melanjutkan, merupakan tindak lanjut dari hasil seleksi berkas dan kelengkapan dokumen yang diserahkan para kandidat yang dilaksanakan pada awal Januari 2019 yang lalu.

"Bagi yang telah lolos seleksi tersebut, maka akan dilanjutkan dengan wawancara bersama tim penilai yang terdiri dari ahli jaminan sosial, praktisi, pejabat kementerian, dan tentu saja dari BPJS Ketenagakerjaan," terang Ilyas.

Adapun nama-nama tim penilai yang akan mewawancarai para kandidat antara lain dari Ahli Jaminan Sosial seperti Chazali Situmorang dan Hotbonar Sinaga, Ahli Kebijakan Publik, Riant Nugroho, Staf Ahli Apindo, Myra Maria Hanartani, dan dari unsur Serikat Pekerja diwakili oleh Rudi Prayitno.

Sementara dari Kementerian PMK oleh Sonny Harry Budiutomo, Kementerian Ketenagakerjaan, Wahyu Widodo, Kementerian Dalam Negeri, Sri Purwaningsih, dan terakhir dari BPJS Ketenagakerjaan, Cotta Sembiring.

Adapun kategori yang diberikan sama dengan periode penganugerahan sebelumnya dengan melibatkan tim penilai yang merupakan sekretaris daerah provinsi, kepala Badan Pusat Statistik (BPS) tingkat provinsi, kepala dinas yang membidangi ketenagakerjaan tingkat provinsi, kepala dinas yang membidangi UMKM di tingkat provinsi, Apindo provinsi, serikat pekerja, dan tim dari Bidang Kepesertaan Wilayah atau Kantor Cabang BPJS Ketenagakerjaan di ibu kota provinsi.

“Tujuan memberikan penghargaan ini adalah mengapresiasi Pemda provinsi dan kabupaten/kota serta badan usaha yang telah mengimplementasikan perlindungan jaminan sosial ketenagakerjaan bagi para pekerja dengan baik,” kata Lubis. (R2)



Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment

IKLAN (ADVERTISEMENT)

Temukan juga kami di

Ikuti kami di facebook dan twitter serta dapatkan informasi terbaru dari kami disana.

Jejak Pendapat



Komentar Terakhir

  • Flow Meter Tokico Jakarta

    Hello there, You’ve done a great job. I’ll definitely digg it and personally ...

    View Article
  • Open Trip Pulau Seribu

    Hey, you used to write great, but the last few posts have been kinda boring¡K I ...

    View Article
  • Distributor pipa HDPE

    Wow, superb blog layout! How long have you been blogging for? you made blogging look ...

    View Article
  • jakarta sewa mobil

    tidak hanya supir truk juga, terkadang pengendara lain seperti mobil atau motor juga ...

    View Article