BPBD Kabupaten Cirebon Bentuk Desa Tangguh Bencana

By Reaksi Nasional 10 Jun 2021, 16:08:58 WIBJabar dan Banten

BPBD Kabupaten Cirebon Bentuk Desa Tangguh Bencana

Keterangan Gambar :


Oleh Hafidzudin

REAKSI CIREBON - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Cirebon membentuk Desa Tangguh Bencana (Destana) di sejumlah desa rawan bencana alam.

Rinaldi Indra Santoso selaku fasilitator pendamping Destana, yang juga anggota Satgas BPBD Kabupaten Cirebon, menjelaskan, sebanyak 27 desa telah terbentuk Destana, 9 desa di tahun 2020 dan 18 desa di tahun ini termasuk kegiatan pelatihan di Desa Gebang Ilir Kecamatan Gebang Kabupaten Cirebon, Selasa (8/6/21).

Selama 5 hari Senin-Jumat (7-12/6) Sebanyak 50 warga mendapat pelatihan, yang bertempat di Balai Desa Gebang Ilir Kecamatan Gebang Kabuaten Cirebon.

Mitigasi bencana merupakan upaya tindakan-tindakan untuk memperkecil dan mengurangi dampak yang ditimbulkan dari suatu bencana. Masyarakat dilatih bagaimana melakukan penanggulangan bencana jika terjadi bencana alam di wilayahnya.

“Desa Gebang Ilir termasuk daerah rawan bencana alam, karena setiap tahun terkena musibah banjir. Maka kita bentuk Destana di sini, mengingat keterbatasan tenaga relawan penanganan bencana, dan yang kedua karena memang posisinya atau lokasinya jauh, sehingga lebih baik harus dibentuk Destana,” ungkap Rinaldi.

 “Semoga mereka bisa menggetoktularkan kepada masyarakat sekitarnya. Yang telah dilatih minimal mereka bisa evakuasi mandiri artinya bisa menyelamatkan diri sendiri, anaknya, keluarganya, dan lingkungan tetangga dan sekitarnya. Jadi harus persiapkan SDM nya karena tadi dua hal pertama keterbatasan personilnya,” jelasnya.

Sedikitnya 50 orang yang mendapatkan pelatihan kesiaga bencanaan, dengan dibagi dua kelompok, meliputi kelompok relawan dan kelompok kerja. Pelatihan digelar selama 5 hari yang meliputi teori dan praktek simulasi penanganan bencana disesuaikan dengan bencana apa yang sering terjadi di desa ini.

 “Destana dibentuk setelah kita tentukan apakah desa tersebut merupakan zona bahaya bencana maka di situlah munculnya Desa Tangguh Bencana,” ungkapnya.

Ketua Destana Desa Gebang Ilir Sulaeman mengungkapkan, pelatihan ini sangat bermanfaat karena masyarakat telah diberikan pengetahuan terkait kesiapsiagaan dalam menghadapi bencana banjir yang memang desanya menjadi langganan banjir tiap tahunnya.

“Harapan kami, dengan dibentuknya Destana, masyarakat desa bisa mandiri dalam melakukan penanganan bencana sebelum tim SAR atau tim BPBD menolong,” pungkasnya. (R2)



Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment

IKLAN (ADVERTISEMENT)

Temukan juga kami di

Ikuti kami di facebook dan twitter serta dapatkan informasi terbaru dari kami disana.

Jejak Pendapat



Komentar Terakhir

  • MaryClink

    [url=https://cialisxtabs.com/]cialis cost australia[/url] [url=https://maletadalafil.com/]soft ...

    View Article
  • spacydradia

    buy plaquenil [url=https://chloroquinestablet.com/ ]buy chloroquine phosphate canada ...

    View Article
  • spacydradia

    chlorochin https://chloroquineclinique.com/ - can i buy chloroquine over the counter ...

    View Article
  • Trelieliehede

    <a href="https://tadalafiloz.com/ ">tadalafil </a> ...

    View Article