BPBD Kab Cirebon Siap Antisipasi dan Penanganan Bencana Alam

By Reaksi Nasional 14 Jan 2020, 10:58:12 WIBJabar dan Banten

BPBD Kab Cirebon Siap Antisipasi dan Penanganan Bencana Alam

Keterangan Gambar : Ilustrasi


Oleh Jamaludin

REAKSI CIREBON – Saat ini Kabupaten Cirebon telah memasuki musim hujan dengan intensitas tinggi. Walaupun belum memasuki puncak musim hujan, namun cuaca ekstrem dapat menimbulkan terjadinya bencana alam seperti banjir, tanah longsor dan lainnya, BPBD Kabupaten Cirebon pun siap untuk melakukan antisipasi dan penanganan bencana alam di Kabupaten Cirebon.

Kepala BPBD Kabupaten Cirebon Dadang Suhendar mengatakan, saat ini Kabupaten Cirebon sudah memasuki musim hujan yang ekstrem. “Sudah mulai memasuki cuaca ekstrem, walaupun saat ini belum masuk kedalam puncak musim hujan,” ujarnya.

Ia mengatakan, BPBD Kabupaten Cirebon telah siap melakukan antisipasi dan penganan bencana alam di Kabupaten Cirebon. “Kita sudah siap, baik personel maupun peralatan sudah siap semuanya,” ungkapnya.

Menurutnya, peralatan dan kelengkapan untuk kesiagaan bencana pun telah siap termasuk perahu karet. “Perahu karet sudah kami siagakan di beberapa titik yang rawan bencana banjir seperti Ciledug,” katanya.

Masih menurutnya, walaupun BPBD Kabupaten Cirebon telah siap melakukan antisipasi dan penganan bencana alam, namun pihaknya perlu adanya kerjasama dari warga dalam melakukan antisipasi dan penanganan bencana alam. “Kami BPBD saja tidak akan sanggup, sehingga perlu adanya kerjasama antar warga masyarakat untuk melakukan antisipasi bencana alam di Kabupaten Cirebon,” terangnya.

Ia juga mengimbau kepada warga agar siap siaga dan tanggap bencana alam yang dapat saja terjadi kapan saja dan dimana saja. “Kami harap warga tetap tenang namun tetap siaga dan tanggap bencana. Sehingga ketika ada bencana warga sudah bisa langsung minimal mengamankan dirinya sendiri dan keluarganya,” ungkapnya.

Dadang mengungkapkan, Kabupaten Cirebon sendiri telah memiliki Forum Masyarakat Pengurangan Resiko Bencana. Dimana anggota dari forum tersebut tidak lain merupakan seluruh lapisan warga, sehingga dapat bersinergi dengan BPBD Kabupaten Cirebon.

Ia juga menyampaikan, Bupati Cirebon pun sudah mengeluarkan surat edaran terkai kesiapsiagaan dalam menghadapi musim hujan. “Pak Bupati sudah mengeluarkan surat edaran kepada seluruh Camat Kuwu terkait dengan kesiapsiagaan menghadapi musim hujan,” ungkapnya

Ia menambahkan, di Kabupaten Cirebon sendiri terdapat 24 kecamatan yang termasuk daerah rawan bencana alam, seperti bencana banjir, longsor dan puting beliung.

Pihaknya meminta kepada warga, agar tetap siaga terhadap bencana yang kemungkinan terjadi dimana saja, terutama untuk warga yang berada di daerah rawan bencana alam. (R1)

 

 



Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment

IKLAN (ADVERTISEMENT)

Temukan juga kami di

Ikuti kami di facebook dan twitter serta dapatkan informasi terbaru dari kami disana.

Jejak Pendapat



Komentar Terakhir

  • modafinil ohne rezept kaufen

    modafinil kosten modalert 200 kaufen modafinil rezeptfrei kaufen ...

    View Article
  • modafinil kaufen apotheke

    modafinil 100 mg preis modafinil holland modafinil rezeptfrei kaufen ...

    View Article
  • provigil kaufen ohne rezept

    modiodal bestellen vigil kaufen kaufen modafinil ...

    View Article
  • modafinil kaufen legal

    modafinil kaufen indien modalert kaufen ...

    View Article