Belasan WP Dapat Surat Paksa Tunggakan Pajak dari Suban PRD

By Reaksi Nasional 19 Mar 2019, 16:07:37 WIBMegapolitan

Belasan WP Dapat Surat Paksa Tunggakan Pajak dari Suban PRD

Keterangan Gambar : Kasuban PRD, Hendarto saat memberikan pengarahan terhadap juru sita yang didampingi petugas Satpol PP dan kepolisian.


Oleh Khairuddin Sinambela & Maulen Munthe

REAKSI  JAKARTA - Sebanyak 18 Wajib Pajak (WP) di Jakarta Barat menerima surat paksa tunggakan pajak. Kepala Suku Badan (Kasuban) Pelayanan Pajak dan Restribusi Daerah (PRD) Jakbar menyerahkan surat tersebut di kantor pengembang Casa Goya, Kebon Jeruk, Jakbar, Selasa (19/3/2019).

Sejak beberapa tahun terakhir ini, nilai tunggakan pajak dari ke 18 WP tersebut mencapai Rp 8,6 miliar lebih. Mereka semua berada dalam satu komplek pengembang yang menunggak kewajibannya untuk membayar Pajak Bumi Bangunan Pedesaan Perkotaan (PBB P2).

Pantauan Reaksi, Hendarto selaku Kasuban PRD Jakarta Barat secara bersama-sama dengan juru sita, yang juga didampingi petugas Satpol PP dan kepolisian menyerahkan surat paksa tersebut kepada perwakilan WP PBB P2.

Salinan surat paksa tersebut terlebih dahulu dibacakan petugas juru sita sebelum diserahkan kepada para perwakilan dari Wajib Pajak PBB P2.

Hendarto mengungkapkan, pihaknya sudah menerbitkan  surat paksa terhadap ke 18 WP tersebut. Pasalnya, mereka menunggak penyetoran PBB P2 sejak beberapa tahun lamanya yang nilai total tunggakan mencapai nilai sekitar Rp8,6 miliar lebih.

"Nilai total tunggakan PBB P2 ini belum termasuk penambahan sanksi denda sebesar dua persen setiap bulan. Dan itu sesuai dengan aturan yang berlaku," ungkap Hendarto.

Dia mengatakan bahwa penerbitan surat paksa ini adalah merupakan tahapan dari penagihan aktif. Karena sebelumnya, surat imbauan yang disertai pemasangan plang sudah sesuai aturan dan prosedur yang berlaku juga telah dilaksanakan.

"Hendarto menegaskan, bahwa pihaknya telah memberikan batas waktu selama dua hari ke depan kepada WP untuk segera melunasi tunggakan PBB P2. Namun, apabila tidak dipatuhi pula, kami akan menyita dan melelang objek pajak. Selanjutnya dana hasil lelang itu untuk membayar kewajiban penunggak pajak ke kas daerah," tegasnya.

Dia optimis setelah melayangkan surat paksa tersebut, 18 WP PBB P2 ini  akan menyetorkan tunggakan ke kas daerah.

"Pajak yang disetorkan oleh warga ke kas daerah adalah guna membiayai pembangunan di ibukota Jakarta," tambahnya. (R2)

 

 



Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

Write a comment

Ada 1 Komentar untuk Berita Ini

  1. Konsultan Pajak 09 Mei 2019, 13:19:31 WIB

    Biasanya penunggak itu malas bayar atau gak tahu cara hitungnya, lebih baik dateng aja ke konsultan pajak biar konsultasi sekalian minta pendampingan pajak.

View all comments

Write a comment

IKLAN (ADVERTISEMENT)

Temukan juga kami di

Ikuti kami di facebook dan twitter serta dapatkan informasi terbaru dari kami disana.

Jejak Pendapat



Komentar Terakhir

  • gajjosk

    ??????? ?? ??????????!!!!! ...

    View Article
  • Indocommco

    Ya benar sekali SDM kita masih kurang mengenal perkembangan teknologi, bahkan masih ...

    View Article
  • toko bunga Jakarta

    Tanaman hias di sepanjang jalan di Jakarta jika sudah masuk musim kemarau menjadi ...

    View Article
  • Konsultan Pajak

    Biasanya penunggak itu malas bayar atau gak tahu cara hitungnya, lebih baik dateng ...

    View Article