BBPLK Serang Latih 32 Penyandang Disabilitas Teknik Listrik

By Reaksi Nasional 26 Nov 2019, 17:28:08 WIBNasional

BBPLK Serang Latih 32 Penyandang Disabilitas Teknik Listrik

Keterangan Gambar : Sebagian penyandang disabilitas sedang mengikuti pelatihan menggambar rangkaian listrik. Mereka memiliki daya juang mengikuti pelatihan agar dapat memperoleh sertifikat kompetensi.


Oleh Friendly Sianipar

REKASI JAKARTA – Semangat para penyandang disabilitas mengikuti pelatihan berbasis kompetensi tak pernah surut. Dengan keseriusan dan daya juang serta keyakinan mengikuti proses pelatihan Pemasangan Listrik Bangunan Sederhana, mereka ikuti secara bertahap untuk mendapatkan sertifikasi kompetensi. Pelatihan itu dilaksanakan di Balai Besar Pengembangan Latihan Kerja (BBPLK) Serang.

BBPLK Serang melaksanakan pelatihan berbasis komptensi itu berdasarkan Perjanjian Kerjasama dengan Balai Besar Rehabilitasi Vokasional Penyandang Disabilitas (BBRVPD) Cibinong. Tujuannya untuk menggali potensi peyandang disabilitas  dan meningkatkan kualitas sumber daya manusia dalam rangka persamaan hak bagi penyandang disabilitas. BBRVPD ini merupakan unit teknis milik Kementerian Sosial

Dengan kerjasama tersebut, BBPLK Serang melatih 32 penyandang disabilitas dan mereka memilih kejuruan teknik listrik. Lamanya pelatihan itu adalah 280 jam. Usai pelatihan, para peserta itu akan mengikuti uji kompetensi yang dilaksanakan pada 29- 30 November  mendatang.

Sistem pelatihan yang dilaksanakan  BBPLK itu dibagi dua yakni pelatihan teknis berupa  penerapan prinsip keselamatan dan kesehatan kerja di lingkungan kerja. Kemudian, pengukuran listrik, memasang dan menyambung sistem pengawatan (montase), memasang kabel fleksibel dan kontak tusuk ke peralatan listrik yang disambungkan ke sumber tengangan, merakit dan memasang PHB penerangan bangunan sederhana, memasang instalasi listrik bangunan sederhana dan pelatihan pemasangan sistim pembumian.

Kemudian pelatihan kedua berupa soft skill. Dalam pelatihan ini, para peyandang disabilitas dilatih untuk menerapkan konsep diri untuk sukses. Kemudian mengelola diri untuk meningkatkan etos kerja, menerapkan sish, susun, sasap, sosoh dan sluluh (5 S) di tempat kerja.

Selain itu ada juga pelatihan menerapkan kesetaraan hak pekerja perempuan dan pekerja laki laki, meningkatkan kualitas penampilan dan sikap profesional, mempersiapkan lamaran kerja dan wawancara, mengelola keuangan pribadi  dan mengaplikasikan ketrampilan dasar komunikasi.

Instruktur Pelatihan Kejuruan Tehnik Listrik BBPLK Serang Igbal mengatakan, sebelum memulai pelatihan, ia terlebih dahulu melakukan pendekatan. Hal itu dilakukan agar pesertanya tidak merasa minder ketika ada pertanyaan atau  pelatihan yang tidak bisa dijawab atau dikerjakan. “ Kalau mereka merasa minder maka akan sulit menerima pelatihannya,” katanya ketika Renas berkunjung ke BBPLK Serang, Senin (25/11)

Seiring dengan pendekatan itu, para peserta itu pun bisa berbaur dan menyatu sehingga dalam perkembangannya mereka memiliki daya juang yang tinggi serta memiliki motivasi untuk maju dan kompeten.

“Tingkat kecacatannya tidak menjadi halangan untuk mengikuti pelatihan. Mereka punya spirit  yang luar biasa. Buktinya, mereka menguji coba dirinya dengan memanjat pohon kelapa untuk menunjukan kemampuannya. Padahal dia mengalami tunadaksa (cacat tubuh),” kata Iqbal ketika Renas berkunjung ke BBPLK Serang, Senin (25/11)

Dengan kemampuan dan keterbatasan seperti itu, kata Igbal melanjutkan, mereka juga sangat serius mengikuti pelatihan selama 280 jam. Mereka bisa mengikuti pelatihan teknis berupa merangkai rangkaian hubungan pararel dan seri. “Dalam pelatihan merangkai rangkaian hubungan pararel da seri ini, waktu sangat diperlukan. Jadi ketika ini kita uji coba, ada beberapa orang yang sudah selesai dan waktunya tidak sampai 15 menit,” ujarnya.

Terkait perekrutan peserta pelatihan disabilitas itu, Pendamping Disabilitas Ferdi Syamsudin mengatakan, prosesnya dilakukan oleh  Balai Besar Rehabilitasi Vokasional Penyandang Disabilitas (BBRVPD) Cibinong.

“Tim Assesment dari BBRVPD yang membuat persyaratan dan menempatkan teman teman penyandang disabilitas ini ke BBPLK untuk mengikuti pelatihan. Kemudian saya ditugaskan BBRVPD untuk mendampingi,” katanya.

Ketika ditanya, apakah para disabilitas itu bisa bekerja jika sudah selesai mengikuti pelatihan, dengan tegas Ferdi menjawab, sangat bisa. “95 persen mereka bekerja (magang) di perusahaan. Namun pekerjaannya ada yang tidak sesuai dengan kompetensinya. Kemudian ada yang yang bekerja mandiri,” katanya.

Ferdi mengungkapkan, BBPLK Serang memberikan makan dan asrama selama pelatihan. Bahkan uang sebesar Rp500 ribu akan diberikan kepada masing-masing peserta. Kemudian BBRVPD juga memberikan dana itu jika sudah selesai mengikuti pelatihannya.

Yanto (33) asal Kota Serang merupakan salah satu diantara penyandang disabilitas yang ikut pelatihan tersebut. Ia penyandang disabilitas karena tidak memiliki dua kaki.

Ia mengaku tertarik mengikuti pelatihan itu karena ingin memiliki bekal dan pengalaman serta ingin mengetahui ilmu instalasi listrik. Berbekal sertifikasi kompetensi yang akan dimilikinya, Yanto berharap ada pekerjaan bidang listrik atau elektronika yang bakal menghidupinya kelak.

“Meski saya cacat, itu berarti bahwa saya tidak bisa bekerja. Pelatihan ini merupakan salah satu cara mengasah kemampuan kita untuk mendapatkan pekerjaan. Kalaupun nantinya saya bekerja mandiri, saya pasti menggunakan tangga sebagai alat bantu untuk menopang pekerjaan saya,” katanya. (fre)

 



Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment

IKLAN (ADVERTISEMENT)

Temukan juga kami di

Ikuti kami di facebook dan twitter serta dapatkan informasi terbaru dari kami disana.

Jejak Pendapat



Komentar Terakhir

  • rnkgglixat

    Or phagocytes that position on your smite <a ...

    View Article
  • ilfwqoyraj

    Thymol on Merciful Loyalists In distrust <a ...

    View Article
  • dvtqbcjazc

    In subordinates where the ramifications swamp and menopause <a ...

    View Article
  • bnbnmwvyin

    Can partnerships billet winding <a href="http://genericvi.com/">viagra ...

    View Article