Bangunan Diduga tanpa Izin Bebas Berdiri di Jaktim
Bangunan tanpa IMB

By Reaksi Nasional 18 Jan 2018, 13:17:17 WIBMegapolitan

Bangunan Diduga tanpa Izin Bebas Berdiri di Jaktim

Keterangan Gambar : RUKO: Sekitar tujuh pintu bangunan ruko setinggi dua lantai di Jalan Kelurahan Raya, Duren Sawit, Jaktim, dibiarkan berdiri, padahal diduga tidak memiliki IMB. (RENAS)


Oleh Bontor Sitanggang

REAKSI JAKARTA - Keberadaan bangunan bermasalah di wilayah Kota Administrasi Jakarta Timur (Jaktim) semakin hari semakin berkembang. Bangunan bermasalah ditemukan hampir di setiap sudut Kota Jaktim.

Hebatnya, maraknya bangunan bermasalah di wilayah tersebut tidak serta merta membuat para pejabat terkait yang dalam hal ini pejabat Sudin Cipta Karya, Tata Ruang dan Pertanahan (CKTRP) cepat mengambil tindakan sesuai dengan aturan yang berlaku, bahkan terbilang sangat cuek.

Hasil penelusuran Renas di lapangan, Kamis (18/1/2018), ditemukan beberapa titik bangunan bermasalah, yakni bangunan rumah toko (ruko) yang diperkirakan berjumlah tujuh pintu di Jalan Kelurahan Raya, Kecamatan Duren Sawit, Jaktim didirikan tanpa izin membangun bangunan (IMB).

Tidak hanya itu, ditemukan juga empat pintu ruko dengan ketinggian tiga lantai di Jalan  Cipinang Indah 1, No 9, RT 006/07, Kelurahan Cipinang Muara yang didirikan dengan menggunakan izin rumah tinggal.

Uniknya, keberadaan bangunan ini hanya dijadikan tontonan menarik oleh Kasatlak CKTRP Kecamatan Duren Sawit dan juga Kasatlak CKTRP Kecamatan Jatinegara. Terbukti, hingga saat ini proses pembangunan melanggar itu tetap saja berlangsung seakan tidak ada pelanggaran.

Menanggapi semakin menjamurnya bangunan bermasalah di Jaktim, Ketua Lembaga Pemantau Pembangunan dan Masalah Perkotaan (LP2MP) Anggiat S menyebutkan, hal tersebut terjadi akibat ketidakmampuan Kasudin CKTRP Jaktim dalam menjalankan tugas dan tanggung jawabnya.

"Maraknya bangunan bermasalah di Jaktim tidak terlepas dari kepemimpinan Gentur sebagai Kasudin CKTRP Jaktim yang kurang maksimal. Begitu juga dengan Kepala Seksi Pengawasan tidak bekerja dengan baik," tutur Anggiat.

Dikatakan Anggiat, sebagai kontrol sosial, pihaknya telah menyampaikan dua titik bangunan bermasalah tersebut kepada Gentur.

"Kita sudah sampaikan apa yang menjadi temuan kita di lapangan. Namun, Gentur lebih memilih diam dan cuek serta membiarkan bangunan bermasalah tersebut, terus melakukan aktivitas pembangunan,” ucapnya.

Ia menduga, pembiaran yang dilakukan terhadap bangunan bermasalah itu karena adanya persekongkolan antara pemilik/pengembang dengan pejabat Sudin CKTRP Jaktim.

"Bangunan bermasalah saat ini, merupakan sumber fulus yang sangat menjanjikan, sehingga tidak sedikit pejabat CKTRP yang nencoba bermain-main dalam proses pengamanan bangunan bermasalah di Jaktim. Jika Gentur tidak ada kaitan dengan bangunan itu, tindak," ujarnya.

Sementara, Kasudin CKTRP Jaktim Gentur, hingga berita ini ditayangkan belum membalas konfirmasi yang ditanyakan Renas. ***



Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

Write a comment

Ada 3 Komentar untuk Berita Ini

  1. Arsitek Jakarta 23 Apr 2018, 16:33:23 WIB

    Ini pasti dari pihak developernya ngebet pengen nyari untung, padahal ngurusin surat izin itu hal yang sangat sangat penting, kalau saya sih sebelum ngegarap project arsitek dari client untuk bangunan komersil seperti gedugung, apartemen, hotel, kantor atau tempat tempat komersil lainnya pasti nanya izin bangunanya dulu, kalau gk bisa bisa ane yang kena sangkut ketika izin pembangunanya di tanyakan apa lagi kalau bikininya di kawasan daerah jakarta, tambah belibet nanti

    denim fabric price in bangladesh 20 Apr 2019, 08:25:46 WIB

    When I originally commented I clicked the "Notify me when new comments are added" checkbox and now each time
    a comment is added I get several e-mails with the same comment.
    Is there any way you can remove people from that
    service? Thanks!

    custom t shirt manufacturers china 21 Apr 2019, 04:56:20 WIB

    I was wondering if you ever thought of changing the structure of your website?

    Its very well written; I love what youve got to say.
    But maybe you could a little more in the way of content so people could
    connect with it better. Youve got an awful lot of text for only having
    1 or 2 pictures. Maybe you could space it out better?

View all comments

Write a comment

IKLAN (ADVERTISEMENT)

Temukan juga kami di

Ikuti kami di facebook dan twitter serta dapatkan informasi terbaru dari kami disana.

Jejak Pendapat



Komentar Terakhir

  • gajjosk

    ??????? ?? ??????????!!!!! ...

    View Article
  • Indocommco

    Ya benar sekali SDM kita masih kurang mengenal perkembangan teknologi, bahkan masih ...

    View Article
  • toko bunga Jakarta

    Tanaman hias di sepanjang jalan di Jakarta jika sudah masuk musim kemarau menjadi ...

    View Article
  • Konsultan Pajak

    Biasanya penunggak itu malas bayar atau gak tahu cara hitungnya, lebih baik dateng ...

    View Article