Bahan Proyek Bangunan Desa Jagapura Kulon Diduga Jadi Ajang Bancakan

By Reaksi Nasional 14 Jan 2020, 17:30:18 WIBJabar dan Banten

Bahan Proyek Bangunan Desa Jagapura Kulon Diduga Jadi Ajang Bancakan

Keterangan Gambar :


Oleh Hafidzudin  

REAKSI CIREBON – Penggunaan dana desa di Desa Jagapura Kulon, Kecamatan Gegesik, Kabupaten Cirebon menuai pertanyaan di kalangan masyarakat. Pasalnya dalam pelaksanaan kegiatan penggunaan Dana Desa tahun 2019 itu diduga tidak transparan. Banyak yang menduga kegiatan tersebut tidak sesuai dengan Musrenbang Desa.

Informasi yang didapatkan media ini, pengadaan material yang sumber anggarannya dari Dana Desa dan dilaksanakan oleh LPM diduga dijual untuk kepentingan pribadi. Sumber Reaksi menyebutkan contohnya 5,5 truk batu dan pasir yang banyaknya masih belum diketahui diduga dijual ketua LPMD berinisial M atas izin dari pejabat Kepala Desa. Disebutkan juga yang menerima matrial tersebut adalah ketua RW di Desa Jagapura Kulon.

Selain itu anggaran Dana Desa tahap III diduga ada pemotongan 15% dan tidak digunakan untuk pembangunan. Malah diduga untuk kepentingan pribadi antara pejabat Kepala desa serta perangkat Desa Jagapura Kulon.

Camat Gegesik Udin Safrudin mengatakan, selama ini belum menerima laporan dari para pejabat desa yang ada di wilayah Kecamatan Gegesik terkait penggunaan anggaran dana desa khususnya tahap III. Namun, dia mengatakan akan memanggil para pejabat Kades terkait informasi yang beredar tersebut.

“Saya sampai dengan saat ini belum menerima laporan dari para Pejabat Kepala Desa di Kecamatan Gegesik dan kalau memang terbukti ada dugaan penyelewengan maka saya akan menindak dengan tegas sesuai aturan yang ada di kecamatan,” ungkapnya, Selasa (14/11/20).

Di lain pihak, Sukadi selaku Wakil Ketua LSM Rakyat Indonesia Berdaya (RIB) sangat menyayangkan apabila penggunaan Dana Desa tidak transparan apalagi tidak dikerjakan. Menurutnya, masyarakat berhak untuk mengetahui penggunaan Dana Desa tahun 2019 di Desa Jagapura Kulon.

Karena itu, dia mengharapkan aparat penegak hukum, baik Kepolisian ataupun Kejaksaan segera melakukan evaluasi dan tetap berkoordinasi dengan Inspektorat Kabupaten Cirebon selaku pegawai pemerikasa keuangan desa, apakah penggunaan Dana Desa tahun 2019 yang dipimpin oleh Pejabat Desa yang ditunjuk kecamatan sesuai dengan aturan atau seperti apa.

“Selain itu dalam waktu dekat kami akan melayangkan surat pengaduan ke pihak Kejaksaan untuk segera memanggil Pejabat Kuwu Desa Jagapura Kulon beserta perangkatnya untuk pertanggungjawaban perbuatannya tersebut,” katanya, Senin (13/1/20).

“Diharapkan kepada Inspektorat Kabupaten Cirebon untuk segera mengevaluasi terkait laporan penggunaan Dana Desa khususnya Desa Jagapura Kulon, Kecamatan Gegesik, Kabupaten Cirebon, apakah peruntukannya sesuai dengan fakta di lapangan atau hanya sebatas asal bapak senang (ABS),” ungkapnya. (R2)



Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment

IKLAN (ADVERTISEMENT)

Temukan juga kami di

Ikuti kami di facebook dan twitter serta dapatkan informasi terbaru dari kami disana.

Jejak Pendapat



Komentar Terakhir

  • modiodal bestellen

    modafinil deutschland kaufen vigil kaufen modafinil online shop ...

    View Article
  • modafinil kosten

    modalert kaufen provigil deutschland ...

    View Article
  • modafinil kaufen niederlande

    modafinil kaufen niederlande modafinil online bestellen modalert 100 kaufen ...

    View Article
  • modafinil rezeptfrei kaufen

    provigil kaufen ohne rezept modafinil generika ...

    View Article