Atasi DBD, Pemkab Cirebon Bikin “Gebrak”

By Reaksi Nasional 11 Feb 2019, 12:01:00 WIBJabar dan Banten

Atasi DBD, Pemkab Cirebon Bikin “Gebrak”

Keterangan Gambar : Ilustrasi


Oleh Jamaludin

REAKSI CIREBON – Pemerintah Kabupaten Cirebon membuat program Gebrak (Gerakan berantas sarang nyamuk), dibantu oleh Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Cirebon di Kelurahan Perbutulan Kecamatan Sumber Kabupaten Cirebon, Jumat (9/2/19). Menurut Bupati Cirebon Dicky Saromi, gebrakan tersebut merupakan salah satu langkah yang diambil guna antisipasi, dan juga sebagai penanganan wabah DBD khususnya di Kabupaten Cirebon.

Mengingat jumlah kasus DBD pada awal tahun mengalami peningkatan diabnding tahun 2018. Awal tahun  ini sebanyak 64 kasus DBD, sedangkan pada tahun 2018 hanya 22 kasus DBD.

“Kami apresiasi sekali upaya yang dilakukan Dinkes dengan mencanangkan program Gebrak DBD. Dengan cara ini kasus DBD bisa ditekan dengan maksimal,” kata Dicky Saromi kepada wartawan.

Dicky menyampaikan, intensitas hujan yang cukup tinggi dikhawatirkan dapat menyebabkan nyamuk Aedes Aegypti berkembang biak. Nyamuk ini hidup di air bersih yang tidak bersentuhan langsung dengan tanah. Dengan menerapkan 3 M plus keberadaannya bisa dicegah sedini mungkin. “Hujan sedang tinggi-tingginya di Kabupaten Cirebon, airnya menampung di tempat penampungan, nyamuk berkembang biak, bisa menyebabkan DBD. Kami himbau masyarakat terapkan 3 M plus di rumah,” tambah dia.

Sementara itu, Kepala Dinkes Kabupaten Cirebon Enny Suhaeni mengatakan, 3 M plus yaitu membersihkan, membuang dan mengubur. Kemudian memberi bubuk abate, memelihara ikan cupang, menanam pohon lavender dan menggunakan lotion anti nyamuk atau obat nyamuk. Dengan cara ini bisa mencegah nyamuk Aedes aegypti berkembang baik dan menularkan DBD.

“Harus diimbangi dengan cara menerapkan pola hidup sehat dan dan menjaga pola makan. Jika mendapati ciri-ciri DBD langsung dibawa ke Puskesmas terdekat,” ujarnya.

Warga dihimbau untuk tetap menjaga pola hidup dan kebersihan lingkungan sekitar, mengingat intensitas hujan yang cukup tinggi, memungkinkan terjadinya genangan air yang menjadi tempat tinggal nyamuk Aedes Aegypti. (R1)



Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment

IKLAN (ADVERTISEMENT)

Temukan juga kami di

Ikuti kami di facebook dan twitter serta dapatkan informasi terbaru dari kami disana.

Jejak Pendapat



Komentar Terakhir

  • uguhozamevo

    http://theprettyguineapig.com/amoxicillin/ - Amoxicillin <a ...

    View Article
  • eyusoxax

    http://theprettyguineapig.com/amoxicillin/ - Amoxicillin Online <a ...

    View Article
  • buy fake degree

    Wonderful website. A lot of helpful info here. I am sending it to a few pals ans ...

    View Article
  • camo polar fleece fabric

    Thanks for every other informative site. Where else could I get that type of info ...

    View Article