Anggaran Pemasangan PJU Kab Bekasi Disinyalir Hamburkan Uang Negara

By Reaksi Nasional 15 Mei 2019, 13:12:57 WIBReaksi Bekasi

Anggaran Pemasangan PJU Kab Bekasi Disinyalir Hamburkan Uang Negara

Keterangan Gambar : Ketua LSM Kompi, Ergat Bustomy bersama Suryana Kusnadi di Kejati Jawa Barat


Oleh Charles Panjaitan

REAKSI CIKARANG - Pihak stakeholder menuding anggaran pemasangan Penerangan Jalan Umum (PJU) yang digelontorkan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bekasi disinyalir hanya menghamburkan uang . Pasalnya, anggaran pemasangan PJU di Jalan Arteri Cibitung yang mencapai miliaran rupiah itu tidak bermanfaat bagi masyarakat.

Sebab, anggaran pemasangan PJU yang digelontorkan dari Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) tahun 2017 sudah dibongkar, meskipun PJU tersebut baru berumur setahun. Pembongkaran PJU tersebut, akibat adanya proyek jalan tol Cilincing- Cibitung.

Hal itu diungkapkan Ketua LSM Komite Masyarakat Peduli Indonesia (Kompi), Ergat Bustomy kepada Reaksi, Selasa (14/5). Menurut Ergat, saat ini PJU yang ada di jalan akses tol Cibitung dari Pos polisi hingga lampu merah SMKN 1 Cikarang Barat sudah tidak terlihat ada di sepanjang jalan tersebut akibat dibongkar karena adanya pembangunan jalan tol.

"Aneh, meskipun baru dibangun sekitar setahun, PJU yang ada disepanjang SMKN 1 sudah dibongkar," ujar Ergat.

Dikatakan Ergat, sepengetahuan pihaknya, Pemkab Bekasi pada tahun 2017 menggelontorkan anggaran hingga mencapai milyaran rupiah untuk pemasangan lampu PJU di jalan tersebut. Sehingga apabila saat ini terjadi pembongkaran, maka perencanaan pemasangan lampu PJU itu diduga tidak ada.

Sebab, Ergat menambahkan, pembangunan jalan tol Cibitung-Cilincing perencanaannya sudah lama ada. Dan Pemkab Bekasi tentu sudah mengetahuinya, karena pasti ada pemberitahuan dari pihak Kementerian PUPR atau Jasa Marga. Akan tetapi menggapa pihak Bidang Pertamanan dan PJU menggelontorkan anggaran untuk pemasangan lampu PJU disekitar jalan itu.

"Saya bingung, mengapa pemasangan lampu PJU tersebut tetap dilakukan dan dialokasikan anggarannya. Meskipun diketahui akan ada pembangunan tol Cibitung-Cilincing," ungkap Ergat dengan nada bertanya.

Untuk itu pihaknya mempertanyakan urgensi Bidang Pertamanan dan PJU dalam menggelontorkan anggaran pemasangan lampu tersebut. Terlebih, hingga saat ini tidak diketahui siapa pihak yang melakukan pembongkaran PJU tersebut. Dan bagaimana dengan PJU yang telah terpasang tersebut, karena anggaran untuk pemasangan lampu PJU itu cukup besar.

"Kita bingung dengan kinerja bidang PJU, apa urgensi terhadap pemasangan lampu PJU itu. Meskipun sudah diketahui akan terdampak dengab pembangunan jalan tol," beber Ergat.

Hingga berita diturunkan, Kepala Bidang Pertamanan dan PJU, Andi tidak berhasil dikonfirmasi. Sedangkan konfirmasi melalui sambungan telepon juga tidak mendapat tanggapan. (R1)



Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment

IKLAN (ADVERTISEMENT)

Temukan juga kami di

Ikuti kami di facebook dan twitter serta dapatkan informasi terbaru dari kami disana.

Jejak Pendapat



Komentar Terakhir

  • gajjosk

    ??????? ?? ??????????!!!!! ...

    View Article
  • Indocommco

    Ya benar sekali SDM kita masih kurang mengenal perkembangan teknologi, bahkan masih ...

    View Article
  • toko bunga Jakarta

    Tanaman hias di sepanjang jalan di Jakarta jika sudah masuk musim kemarau menjadi ...

    View Article
  • Konsultan Pajak

    Biasanya penunggak itu malas bayar atau gak tahu cara hitungnya, lebih baik dateng ...

    View Article