14.257 Target Perjanjian Kerja Bersama Perusahaan Bakal Tercapai

By Reaksi Nasional 30 Jan 2019, 17:12:19 WIBNasional

14.257 Target Perjanjian Kerja Bersama Perusahaan Bakal Tercapai

Keterangan Gambar : Direktur Persyaratan Kerja Kemnaker Junaedah dalam Dialog bersama pembuatan PKB yang Berkualitas di Bogor, Jawa Barat, Rabu (30/1).


Oleh Friendly Sianipar

REAKSI JAKARTA – Perjanjian Kerja Bersama (PKB) antara pengusaha dan pekerja menjadi hal penting untuk kelancaran proses produksi dan kesejahteraan pekerja. PKB itu pun menjadi landasan untuk disepakati secara bersama-sama.

Terkait dengan itu, Kemnaker menargetkan pembuatan PKB sebanyak 14. 257 selama 2019. Penetapan target itu didasari atas kinerja yang berhasil melampaui target pembuatan PKB pada 2018. Pada 2018 lalu, Kemnaker menargetkan pembuatan PKB sebanyak 13.910. Jumlah pembuatan PKB ini melebihi target, yakni 14.418 PKB. Demikian juga pada 2017, Kemnaker menargetkan 13.584 PKB, namun capaiannya sebanyak 13.829 PKB.

“Target pembuatan PKB di tahun 2019 ini sebanyak 14.257. Ini merupakan tantangan yang menambah optimisme bagi pelaku hubungan industrial untuk meningkatkan kuantitas pembuatan PKB seiring meningkatnya kualitas PKB yang disepakati," kata Direktur Persyaratan Kerja Kemnaker Junaedah dalam Dialog bersama pembuatan PKB yang Berkualitas di Bogor, Jawa Barat, Rabu (30/1).

Hadir dalam Dialog PKB itu Kadisnaker kabupaten Bogor Ati Iravati Dewi, Kasubdit PP dan PKB Wiwik Wisnu Murti, Kasi Peraturan Perusahaan (PP) I Nyoman Indra Gunadhie, Kasi PKB janjian kerja Rinaldi Zuhriansyah, trainer hubungan industrial, narasumber Afif Johan dan Saiful DP. Dialog PKB itu diikuti 60 peserta dari unsur SP/SB, unsur pengusaha, dan unsur pemerintah yang berasal dari Jakarta, Bogor, Tangerang dan Bekasi itu.

Junaedah menyebutkan, dari tahun ke tahun jumlah pengusaha dan Serikat Pekerja /Serikat Buruh (SP/SB) yang memperoleh bimbingan teknis pembuatan PKB terus mengalami kenaikan. Pada 2019 ini, katanya menambahkan, jumlah yang memperoleh bimbingan teknis ini sebanyak 1.850 orang atau meningkat sebanyak 200 orang dari tahun sebelumnya (1.650).

Kemudian pada 2017, ada 1.450 peserta bimbingan teknis pembuat PKB serta pada tahun 2016 sebanyak 1.300 orang dan pada 2015 sebanyak 1.230 orang. "Kami optimistis pencapaian tahun 2019 dapat melebihi target," kata Junaedah.

Ia mengatakan, untuk mencapai target dan sasaran dalam rencana skala nasional, pihaknya akan melakukan kerja sama dengan kawasan industri. Kerjasama itu dimaksudkan untuk melakukan pembinaan dan sosialisasi bagi perusahaan yang telah memiliki SP/SB tapi belum memiliki PKB.

"Perusahaan-perusahaan yang berada di wilayah kawasan industri belum semua memiliki PKB. Ini yang menjadi tantangan bersama. Jadi dialog PKB yang berkualitas bertujuan untuk meningkatkan pemahaman dan kemampuan pengusaha, SP/SB, pejabat hubungan industrial dalam menciptakan peningkatan syarat kerja melalui PKB,” tandasnya.

Menurutnya, PKB itu merupakan salah satu sarana hubungan industrial yang kedudukannya lebih tinggi dibandingkan dengan Peraturan Perusahaan (PP). Hal tersebut dikarenakan PKB dibuat atas dasar perundingan dan disepakati bersama antara SP/SB dengan pengusaha, sehingga kemitraan antara pekerja dan pengusaha dalam perusahaan lebih terwujud.

"Hasil akhir dialog PKB yang berkualitas ini adalah terciptanya komitmen untuk meningkatkan syarat kerja melalui PKB," ujar Junaedah.

Ati Iravati menambahkan dengan semakin meningkatnya kuantitas dan kualitas perusahaan dalam pembuatan PKB di tingkat perusahaan diharapkan dapat meningkatkan pula kenyamanan dan ketenangan bekerja maupun berusaha serta dapat meningkatkan kesejahteraan. (R2)

 

 

 



Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment

IKLAN (ADVERTISEMENT)

Temukan juga kami di

Ikuti kami di facebook dan twitter serta dapatkan informasi terbaru dari kami disana.

Jejak Pendapat



Komentar Terakhir

  • Flow Meter Tokico Jakarta

    Hello there, You’ve done a great job. I’ll definitely digg it and personally ...

    View Article
  • Open Trip Pulau Seribu

    Hey, you used to write great, but the last few posts have been kinda boring¡K I ...

    View Article
  • Distributor pipa HDPE

    Wow, superb blog layout! How long have you been blogging for? you made blogging look ...

    View Article
  • jakarta sewa mobil

    tidak hanya supir truk juga, terkadang pengendara lain seperti mobil atau motor juga ...

    View Article