“Saudagar Jabar” Upaya Maksimalkan Peluang Ekonomi

By Reaksi Nasional 11 Feb 2019, 11:46:09 WIBJabar dan Banten

“Saudagar Jabar” Upaya Maksimalkan Peluang Ekonomi

Keterangan Gambar :


Oleh Hafidzudin

REAKSI CIREBON – Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil mengatakan, peluang ekonomi yang ada di Jawa Barat dapat dimaksimalkan dengan program “Saudagar Jabar”.  Mitra utama program ini yaitu, Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Jawa Barat.

“Provinsi punya program Saudagar Jabar. Itu adalah komitmen kami agar peluang-peluang ekonomi di Jawa Barat ini didahulukan kepada pengusaha-pengusaha di Kadin Jawa Barat,” ujar Emil, sapaan akrab Ridwan Kamil, ketika ditemui usai pembukaan Musyawarah Provinsi (Muprov) VII Kadin Jawa Barat 2019 di Hotel Aston Cirebon, Kabupaten Cirebon, Kamis (7/2/19).

Saudagar Jabar diharapkan dapat mendorong pertumbuhan ekonomi di Jawa Barat. Selain itu, dunia usaha juga dapat terlibat dalam menekan masalah ketimpangan yang selama ini menjadi kendala utama pembangunan.

“Jadi, Insyaallah dengan komitmen saya sebagai gubernur, pertumbuhan akan semakin maju. Kadin Jabar juga akan makin maju sebagai mitra dengan program-program dan ketimpangan di Jawa Barat akan kita hilangkan,” ungkapnya.

Dalam sambutannya, Ridwan Kamil menekankan ada lima langkah yang dilakukan oleh Pemda Provinsi Jawa Barat untuk mengatasi ketimpangan. Diantaranya: Memaksimalkan pembangunan infrastruktur, Pengembangan pusat industri baru, Peningkatan komoditas perdagangan, Pengembangan kawasan destinasi wisata, serta Pembangunan Jawa Barat sebagai provinsi digital.

Salah satu yang tekankan Ridwan Kamil pada kesempatan ini, yaitu pengembangan kawasan atau pusat industri baru. Ke depannya pusat pertumbuhan di Jawa Barat ada di kawasan segi tiga Kertajati – Patimban – Cirebon.

“Kita sudah mendeklarasikan tadi, bahwa pertumbuhan masa depan Jawa Barat di segi tiga Patimban – Kertajati – Cirebon. Jadi, nanti wilayah paling maju, paling futuristik, paling luar biasa ada di segi tiga daerah itu,” ujar Emil.

“Semua industri padat karya kita akan pusatkan di daerah ini (segi tiga Kertajati – Patimban – Cirebon), sehingga tidak mencar-mencar lagi di seluruh Jawa Barat. Hari ini industri padat karya banyak pindah karena urusan upah. Kita akan tahan supaya tidak pindah ke Jawa Tengah atau Vietnam dengan menyediakan tempat yang cocok, memadai di zona ini,” ungkapnya.

Pemprov Jabar juga sedang merancang tata ruang desain pertumbuhan ekonomi dan industri padat karya yang akan dipusatkan di daerah. Pertumbuhan masa depan Jawa Barat berda di segitiga Patimban – Kertajati – Cirebon, semua industri padat karya dipusatkan di daerah tersebut. (R1)



Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment

IKLAN (ADVERTISEMENT)

Temukan juga kami di

Ikuti kami di facebook dan twitter serta dapatkan informasi terbaru dari kami disana.

Jejak Pendapat



Komentar Terakhir

  • Flow Meter Tokico Jakarta

    Hello there, You’ve done a great job. I’ll definitely digg it and personally ...

    View Article
  • Open Trip Pulau Seribu

    Hey, you used to write great, but the last few posts have been kinda boring¡K I ...

    View Article
  • Distributor pipa HDPE

    Wow, superb blog layout! How long have you been blogging for? you made blogging look ...

    View Article
  • jakarta sewa mobil

    tidak hanya supir truk juga, terkadang pengendara lain seperti mobil atau motor juga ...

    View Article